Kerajinan di indonesia menjadi komoditi Negara yang dapat meningkatkan devisa

Kerajinan di indonesia menjadi komoditi Negara yang dapat meningkatkan

Kerajinan di indonesia menjadi komoditi negara yang dapat meningkatkan devisa dan perkonomian negara.

Devisa ialah kekayaan berbentuk mata uang asing yang dipunyai oleh negara, cadangan devisa menjadi salah satunya indikator lemah atau kuatnya suatu ekonomi negara.

Kerajinan di indonesia menjadi komoditi negara yang dapat meningkatkan devisa

Kerajinan di Indonesia menjadi komoditi negara yang dapat meningkatkan devisa Karena produk kerajinan menjadi komoditi export untuk Negera Indonesia ke negara lain, hingga devisa negara makin bertambah.

Selaku contohnya kerajinan yang menjadi komoditi negara yakni kerajinan berbahan dasar bebatuan, kayu, rotan, dan tekstil telah masuk ke pasar internasional dan tentu saja hal itu akan meningkatkan devisa negara.

Kerajinan di indonesia menjadi komoditi negara yang dapat meningkatkan devisa ini ialah satu proses pembuatan produk dengan memprioritaskan kegunaan pakai atau sebagai pajangan dengan memberi nilai seni yang indah.

Menurut wikipedia kerajinan ialah hoby atau pekerjaan yang memerlukan kekuatan dan pengetahuan tertentu untuk membuat kreasi secara trampil.

Kerajinan yang dibuat dengan bahan kualitas tinggi dan rumit proses pembikinanya, karena itu kerajinan tersebut akan mempunyai harga jual makin tinggi.

 

Tipe tipe kerajinan di indonesia menjadi komoditi negara yang dapat meningkatkan devisa

Berdasarkan peranan / fungsi

Pada intinya kerajinan mempunyai dua peranan, yakni

  1. Kerajinan fungsi pakai

    Kerajinan fungsi pakai ialah produk kerajinan yang memprioritaskan faktor fungsional, hingga produk kerajinan itu dapat digunakan dalam membantu tugas sehari-harinya.

  2. kerajinan fungsi hias.

    Kerajinan fungsi hias ialah kerajinan yang memprioritaskan segi seni dan keelokan dibanding kegunaan, misalnya patung dari batu, miniatur dari kayu, dan yang lain.

 

Dari ke-2 tipe fungsi kerajinan itu di Indonesia digunakan sebagai salah satunya pendukung ekonomi, melalui cara menjual, ada yang dipasarkan dipasar lokal, ada pula yang dipasarkan dipasar internasional (export).

Proses pengerjaan kerajinan sendiri, dapat dikatakan cukup susah, hanya karena dapat dikerjakan oleh orang yang trampil, inovatif, dan mempunyai pengetahuan yang luas.

Untuk bahan yang dipakai dalam pembuatan kerajinan sebetulnya lumayan gampang dijumpai di sekitar kita.

 

Berdasar bahan baku

Pada umumnya bahan dalam pengerjaan kerajinan dipisah menjadi dua, yakni kerajinan bahan keras dan karajinan bahan lunak.

  • Kerajinan bahan keras alami ialah bahan kerajinan yang dapat dijumpai dilingkungan sekitaran atau dari alam, ciri-cirinya ialah mempunyai wujud yang keras dan kuat, misalnya yakni bambu, kayu, rotan, dan bebatuan.
  • Kerajinan bahan keras buatan ialah bahan kerajinan yang telah melalui proses pemrosesan lebih dulu, seperti misalnya logam, kaca, plastik, dan kain.
  • Kerajinan bahan lunak alami ialah bahan kerajinan yang dapat diketemukan dilingkungan sekitaran atau dari alam, seperti misalnya serat alam, tanah liat, dan kulit hewan.
  • Kerajinan bahan lunak buatan ialah bahan kerajinan yang sudah melalui proses pemrosesan lebih dulu, seperti misalnya lilin, sabun, spons, dan bubur kertas.

 

Kerajinan di indonesia menjadi komoditi negara yang dapat meningkatkan devisa

komoditas kerajinan

Contoh komoditi kerajinan

Berikut sejumlah contoh produk kerajinan yang menjadi komodiri negara indonesia, diantaranya:

  • Kerajinan dari tanah liat.
    Tanah liat banyak digunakan sebagai material dasar pembuatan kerajinan karena gampang dibentu, contoh produk kerajinan dari tanah liat yakni gerabah dan keramik.
  • Kerajinan dari kayu dan bambu.
    Bambu dan kayu banyak digunakan sebagai material dasar pembuatan kerajinan karena gampang didapat, contoh produk kerajinan dari kayu dan bambu yakni perabotan, hiasan lampu, patung, dan miniatur.
  • Kerajinan dari serat alam.
    Serat alam banyak digunakan sebagai material dasar pembuatan kerajinan karena hasil kerajinan lebih unik, contoh produk kerajinan dari serat alam yakni lukisan dari kulit jagung, pembuatan boneka dari pelapah pisang.
  • Kerajinan dari logam.
    Logam banyak digunakan sebagai material dasar pembuatan kerajinan karena lebih tahan lama, contoh produk kerajinan dari logam yakni cicin, perhiasan, dan pernak-pernik lainnya.
  • Kerajinan dari batu.
    Batu banyak digunakan sebagai material dasar pembuatan kerajinan karena gampang diketemukan serta lebih kuat, contoh produk kerajinan dari batu yakni patung, hiasan dinding, dan pernak-pernik lainnya.
  • Kerajinan berbahan sisa atau sampah.
    Sampah banyak digunakan sebagai material dasar pembuatan kerajinan karena gampang diketemukan dimana saja dan lebih murah, contoh produk kerajinan dari sampah yakni bunga dari sedotan sisa, tas dari kemasan kopi, topi dari koran sisa.

 

Masih banyak lagi produk kerajinan di Indonesia yang menjadi komoditi negara untuk alat meningkatkan devisa dan ekonomi untuk masyarakat negaranya.

Baca juga :  Terbaru! 24 Games Yang Menghasilkan Uang Paling Populer

Kami Siap Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Terkait

Kini saatnya untuk mengembangkan bisnis Anda menjadi lebih fleksibel dan efisien