Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

Apa Itu Foto NFT? dan Bagaimana Cara Jual Foto di NFT?

Apa Itu Foto NFT dan Bagaimana Cara Jual Foto di NFT

Dunia digital waktu lalu tengah digandrungi oleh masyarakat, khususnya Non Fungible Token (NFT). Lalu Apa Itu Foto NFT? dan Bagaimana Cara Jual Foto di NFT? Semenjak pemuda namanya Ghozali tiba-tiba trending di jagat maya karena mengantongi keuntungan miliaran rupiah lewat usaha NFT yang dilakukan.

 

Cuan yang berlimpah didapat Ghozali dengan jual foto dirinya semenjak tahun 2017 – 2021 dengan floor price sebesar 0,001 ETH (Ethereum) atau sekitaran Rp 48 ribu di NFT. Bahkan juga, ada foto selfie punya Ghozali Everyday dipasarkan pada harga paling tinggi sejumlah 66.346 RH atau setara dengan Rp 3,1 triliun.

 

Secara singkat, NFT adalah asset digital, seperti token yang tidak dapat ditukar. NFT ialah token kriptografi yang mewakili satu barang yang dipandang unik. Lewat asset digital ini, beberapa seniman dapat memakainya untuk menjadikan kreasinya sebagai asset NFT.

 

Apa Itu Foto NFT?

Foto NFT ialah foto yang diperjualbelikan berbentuk NFT sehingga mempunyai sertifikat kepemilikan dan menjadi unik. Sama seperti dengan kreasi seni lainnya, photografi mempunyai tempat dan pasarnya sendiri dalam NFT. Bila dulu banyak foto fisik diperjualbelikan di beragam tempat, sekarang waktunya foto NFT dijualbelikan dalam basis digital yang semakin aman, simpel, dan efektif lewat sistem operasi blockchain. Maknanya, beberapa kreator NFT dapat memperoleh keuntungan atas kreasi yang dibikin tanpa perlu takut haknya dirampas oleh seseorang begitulah singkatnya apa itu foto NFT.

Baca juga :  Uang koin kuno yang paling dicari kolektor, ada yang tembus Rp 141 Miliar

 

Kreator dapat menjual foto NFT secara bebas dari keseluruhnya koleksi yang Anda punyai. Disamping menjual, Anda bisa juga memakainya sebagai koleksi individu. Itu maknanya, kreator memiliki hak mengupload kreasi foto ini ke account media sosialnya sendiri.

 

Lalu, apa format foto yang dapat dijualbelikan dalam ekosistem NFT?

 

Jawabnya ialah bebas. Apa saja foto NFT yang dipilih, jadi apa itu foto NFT bisa di mulai dari karya foto landscape, portrait, human interest, dan beragam format foto yang lain, seperti foto animasi dari kreator MetaGaruda atau GIF, dapat Anda jual di ekosistem ini.

 

Tips untuk Menambahkan Daya Tarik Foto NFT

Sesudah mengerti apakah itu foto NFT, saat ini waktunya untuk mengetahui tips jual foto di nft. Mendapat karya photografi yang bagus itu tidak gampang, tapi akan lebih susah jika harus menjualnya di ekosistem NFT yang ramai dengan pesaing yang lain. Berikut deretan panduan yang dapat inisiator pakai:

 

1. Tentukan foto yang mempunyai keunikan

Tips pertama untuk jual foto di NFT dengan optimal di ekosistem ini yaitu dengan pilih foto yang tidak cuman baik secara kualitas, tetapi juga unik. Foto yang bisa bersaing di ekosistem NFT ialah beberapa foto yang mempunyai nilai kelangkaan (rarity) atau keunikan. Makin langka atau unik sebuah foto, makin besar juga kesempatannya untuk laku di pasaran.

 

2. Mempercantik foto memakai tools editing

Panduan ke-2 tentang apa itu foto NFT yang dapat creator kerjakan dengan memoles foto NFT memakai beragam tools editing. Mengubah foto tidak berarti memberi sentuhan palsu dalam kreasi photografi yang Anda hasilkan, tapi lebih dari memaksimalkan kualitas yang dibuat. Misalkan, Anda mengubah foto NFT untuk mendapat HDR atau menaik-turunkan brightness dan kontras pada foto.

Baca juga :  Kamu Harus Tau, Sejarah THR dan Asal Usulnya di Indonesia

 

Saat ini, telah banyak tools editing foto yang dapat Anda pakai, dimulai dari yang simpel sampai yang kompleks seperti Photoshop. Mengedit foto bisa juga membuat foto NFT Anda makin unik dan mempunyai nilai kelangkaan (rarity), hingga semakin lebih banyak dilirik di ekosistem NFT.

 

3. Aplikasikan mixed-media

Alih-alih jual foto NFT yang biasa-biasa saja, Anda bisa juga mengaplikasikan mixed-media, yaitu menyatukan dua foto pada sebuah frame sekaligus. Misalkan, Anda ingin mendapat hasil foto yang unik dan mempunyai nilai rarity, karena itu Anda dapat menyatukan foto digital dan foto analog pada sebuah frame, hingga foto ini condong tidak dimiliki oleh kreator yang lain.

 

4. Lakukan analisa pasar

Tips yang ke-4 berkenaan apa itu foto NFT saat ingin jual foto di NFT dengan melakukan analisa pasar lebih dulu. Sebetulnya, tips ini tidak cuman berlaku untuk ekosistem NFT, tetapi untuk semua macam perdagangan. Riset pasar memungkinkan kreator untuk tahu kemungkinan apa itu foto NFT yang hendak laku dan sedang diperlukan oleh masyarakat, misalkan untuk wallpaper netbook, presentasi, dan lain-lain.

 

Tetapi, rupanya tidak cuma foto selfie ghozali NFT saja. Masih Ada banyak foto yang lain yang dipasarkan pada harga fenomenal.

foto selfie ghozali nft

Berikut beberapa daftar NFT yang masuk ke kelompok NFT paling mahal di dunia:

 

1. NFT Penggabungan

The Merge ialah NFT paling mahal yang sempat terjual di selama setahun 2021. The Merge ini sebagai karya seni yang dibuat oleh seniman digital Pak. Di dunia NFT, Pak telah dikenal sebagai salah satu juaranya, karena dia sanggup membuat beberapa karya seni yang paling iconic pada apa itu foto NFT.

 

Sedangkan, karyanya yang namanya The Merge sukses terjual dengan nilai US$ 91,8 juta atau sama dengan Rp 1,31 triliun.

Baca juga :  Banjir Promo! Shopee Gratis Ongkir 2.2 COD Shale 2022

 

2. NFT Setiap Hari: 5000 Hari Pertama

NFT Everydays: The First 5000 Days sebagai kolase gambar punya Mike Winkleman semenjak tahun 2007 dan telah selesai di tahun 2020. NFT Everydays: The First 5000 Days jadi NFT paling mahal nomor dua yang sukses terjual di tahun 2021.

 

NFT ini terjual pada harga US$ 69,3 juta atau sama dengan Rp 991 miliar, persisnya di tanggal 11 Maret 2021. Kolase gambar ini dibeli oleh investor cryptocurrency Singapura lewat rumah lelang Christie’s, berikut tentang apa itu foto NFT yang ke 2

 

3. NFT Manusia Satu

Human One ialah NFT paling mahal ke-3 yang sempat terjual di tahun 2021 pada harga sebesar US$ 28,9 juta atau sama dengan Rp 426 miliar lewat rumah lelang Christie’s. NFT Human One sebagai foto bergerak yang memvisualisasikan manusia pertama kali yang lahir di metaverse.

 

Pemilik karya seni Human One ialah Mike Winkleman. Ya, orang yang serupa yang membuat NFT Everydays: The First 5000 Days, NFT paling mahal ke-2 di dunia.

 

4. NFT CryptoPunk #752

CryptoPunk #752 adalah karya seni avatar digital yang dibuat secara unik lewat blockchain Ethereum oleh duet pengembang yang berbasiskan di Kanada yang juga menjalankan Larva Labs. CryptoPunk #752 ini dipandang sangat jarang dan sukses menjadi satu diantara asset digital yang paling iconic sekalian sukses jadi NFT paling mahal nomor 4 di 2021.

 

Semenjak bulan Juni 2017, telah ada sekitaran seribu CryptoPunk yang dibuat secara algoritmik. CryptoPunk #752 sukses terjual pada harga US$ 11,75 juta atau sama dengan Rp 168,02 miliar dan dilelang oleh Sotheby.

 

Kata kunci terkait : cara jual foto di nft, jual foto di nft, cara menjual foto di nft, apa itu foto nft, cara daftar nft opensea, foto selfie ghozali nft

 

5. CryptoPunk #3100

Masih dari keluarga CryptoPunk, di rangking ke-5 ini, ada CryptoPunk #3100 yang sukses jadi asset digital NFT paling mahal di dunia sepanjang 2021. CryptoPunk #3100 sukses terjual pada 11 Maret 2021 dengan nilai jual US$ 7,8 juta atau sama dengan Rp 108 miliar.

 

Saat sebelum sukses terjual di angka itu, awalnya CryptoPunk #3100 ini cuman terjual dengan nilai US$ 76 atau sama dengan Rp 1 juta di tahun 2017.

Kami Siap Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Terkait