Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

Update! Bagaimana perkembangan komputer dari dulu sampai saat ini

Bagaimana perkembangan komputer dari dulu sampai saat ini

Bagaimana perkembangan komputer dari dulu sampai saat ini? Apa ketidaksamaan komputer jaman dulu dengan saat ini? Untuk ketahui lebih detilnya, kamu harus membaca artikel ini.

Pada intinya, komputer ialah piranti yang menolong manusia saat lakukan beragam penghitungan. Dalam soal ini, komputer pertama atau sempoa dipakai untuk mengerjakan operasi aritmatika dasar.

Pada peristiwa dan perkembangan komputer, sempoa atau Abacus sebagai awalnya dari lahirnya komputer dan bagaimana perkembangan komputer dari dulu sampai saat ini? Dalam prosesnya, komputer mengerjakan penghitungan lewat electronic dan dapat mengerjakan penghitungan yang bertambah luas dan cepat.

Komputer di zaman sekarang telah makin canggih. Komputer sudah melalui beragam pembaruan tiap tahunnya. Untuk mengetahui bagaimana perkembangan komputer dari dulu sampai saat ini, berikut perkembangan komputer yang diambil dari buku Dasar Sistem Komputer yang ditulis Gede Partha Sindu.

 

Bagaimana perkembangan komputer dari dulu sampai saat ini?

Berikut kami jelaskan bagaimana perkembangan komputer dari dulu sampai saat ini secara jelas dan singkat.

Generasi Komputer Pertama (1940-1956)

Generasi Komputer Ke-2 (1964-1971)

Sepanjang masa ini, generasi pertama dari komputer mulai dikembangkan. Komputer generasi pertama memakai tabung vakum untuk circuit dan drum magnetik untuk penyimpanan memory. Tabung vakum dipakai untuk memeperkuat signal dengan mengontrol pergerakan elektron di ruangan pemindahan. Komputer generasi pertama sangat susah untuk dioperasionalkan dan memiliki biaya amat mahal. UNIVAC dan ENIAC ialah contoh komputer generasi pertama kali yang dipakai badan sensus Amerika Serikat.

Baca juga :  Terbaru! 24 Games Yang Menghasilkan Uang Paling Populer

 

Beberapa ciri Komputer Generasi Pertama:

  1. Memakai tabung hampa.
  2. Mempunyai ukuran yang besar dan berat.
  3. Menggunakan simpanan luar, magnetic tape, dan magnetic disk.
  4. Prosesnya kurang cepat (relatif lamban).
  5. Memory memiliki kemampuan kecil.
  6. Memerlukan daya listrik yang besar.
  7. Memakai bahasa Mesin Assembly.
  8. Fokus untuk penggunaan dibidang bisnis.

Generasi Komputer Ke-2 (1964-1971)

Generasi Komputer Ke-3 (1964-1971)

Tehnologi tabung vakum mulai terpindahkan dengan transistor. Pemakaian transistor pada komputer mulai dipakai diakhir 1950-an. Keunggulan transistor ialah memiliki bentuk yang lebih kecil. Dengan wujud minimalis dari transistor, komputer jadi lebih kecil dan irit energi. Di generasi ke-2 ini, bahasa pemograman mulai dikenalkan, seperti misalnya COBOL dan Fortran. Tehnologi penyimpanan memory berbeda dari drum magnetik jadi tehnologi magnetik.IBM 7000, NCR 304, IBM 650, IBM 1401, ATLAS and Mark III ialah contoh dari generasi ke-2 komputer.

 

Beberapa ciri Komputer Generasi Ke-2 :

  1. Memakai transistor dan dioda untuk gantikan vacuum tube.
  2. Telah memakai operasi bahasa pemrograman Fortran dan Cobol.
  3. Mempunyai kemampuan mengerjakan real-time dan times share.
  4. Sanggup mengolah juta-an operasi per detik.
  5. Memerlukan semakin sedikit daya listrik.

 

Generasi Komputer Ke-3 (1964-1971)

Generasi Komputer Ke-3 (1964-1971)

 

Pengembangan circuit terpadu ialah keunikan dari angkatan ke-3 komputer. Wujud transistor makin diperkecil dan ditaruh di chip silikon, yang diberi nama semikonduktor. Tehnologi ini makin percepat performa komputer. Sepanjang periode ini, mouse dan keyboard mulai dikenalkan, generasi ke-3 juga diperlengkapi dengan mekanisme operasi PDP-8, PDP-11, ICL 2900, IBM 360 and IBM 370 ialah contoh dari komputer generasi ke-3

 

Beberapa ciri Komputer Generasi Ke-3 :

  1. 10.000 kali bisa lebih cepat dari komputer generasi pertama.
  2. Kemampuan memory semakin besar dan sanggup simpan beberapa ratus ribu karakter yang awalnya cuman capai beberapa puluh ribu.
  3. Sanggup lakukan multiprocessing, yakni bisa mengolah beberapa data dari sumber yang lain pada saat yang bertepatan.
  4. Sanggup tersambung dengan komputer yang lain.
Baca juga :  Banjir Promo! Shopee Gratis Ongkir 2.2 COD Shale 2022

 

Generasi Komputer Ke-4 (1971-sekarang)

Generasi Komputer Ke-4 (1971-sekarang)

Di masa ini processor micro mulai dikenalkan, saat beberapa ribu circuit terintegrasi dimasukkan ke sebuah silikon chip yang kecil. Processor pertama Intel, 404 chip mulai jadi otak khusus dalam suatu komputer. saat masa inilah istilah Personal Computer (pc) mulai dipakai. Dengan tehnologi yang semakin maju, generasi ke-4 jadi tonggak awalnya pembangunan internet. IBM 4341, DEC 10, STAR 1000, PUP 11 and APPLE II ialah contoh komputer generasi ke-4.

 

Beberapa ciri Komputer Generasi Ke-4:

  1. IC lebih kompleks dan terpadu.
  2. Memakai LSI (Large Scale Integration) yang disebut pemadatan beberapa ribu IC jadi satu chip.
  3. Dikembangkan oleh VLSI (Very Large Scale Integration) yang bisa memuat sampai beberapa ratus ribu IC.
  4. Memakai microprocessor dan semikonduktor yang berupa chip untuk memory komputer.

 

Generasi komputer ke-5 (sekarang – masa depan)

Generasi komputer ke-5 (sekarang - masa depan)

Komputer angkatan ke-5 dibuat berdasar tehnologi kecerdasan buatan, dan masih juga dalam tahapan pengembangan. Contoh tehnologi yang seringkali dipakai ialah tehnologi pengenal suara. Pemakaian pemrosesan paralel dan superkonduktor jadi dasar dari kecerdasan buatan. Arah dari komputasi generasi terbaru untuk meningkatkan piranti yang memberi respon bahasa manusia.

Itulah penjelasan bagaimana perkembangan komputer dari dulu sampai saat ini. Saat ini, komputer terus alami perkembangan dan terus diperbaharui dengan tehnologi yang lebih hebat dan canggih

Kami Siap Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Terkait