Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

7 Strategi Pengembangan Bisnis Bank Perkreditan Rakyat (BPR)

Strategi Pengembangan Bisnis BPR

Strategi pengembangan bisnis BPR – BPR merupakan bagian penting dari sektor keuangan dan perannya dapat dibandingkan dengan bank-bank di negara lain. BPR sering disebut sebagai bank perkreditan rakyat yang menawarkan layanan perbankan baik untuk daerah pedesaan maupun perkotaan. Inklusi keuangan adalah tujuan utama pemerintah kita, sehingga kita perlu memastikan bahwa akan selalu ada cukup nasabah yang dapat mengakses layanan keuangan tanpa memandang lokasi atau status sosial mereka. Adapun strategi pengembangan bisnis BPR sebagai berikut:

 

Strategi Pengembangan Bisnis BPR

 

1. Lokasi geografis

Meskipun BPR tidak perlu berlokasi di daerah pedesaan, BPR harus memiliki hubungan dengan daerah-daerah tersebut. Dengan kata lain, jika BPR berlokasi di daerah perkotaan yang memiliki rekening bank atau underbanked (yaitu, tidak memiliki akses ke layanan keuangan tradisional), maka BPR tersebut masih dapat dianggap sebagai bank pedesaan berdasarkan lokasi geografisnya saja.

Bank-bank pedesaan cenderung fokus pada penyediaan produk dan layanan kredit kepada pelanggan mereka yang tinggal di daerah pedesaan karena di sinilah sebagian besar orang tinggal, dan oleh karena itu di mana mereka kemungkinan besar akan membutuhkan layanan keuangan seperti pinjaman dll.

Jadi Anda juga harus menyiapkan fasilitas keuangan yang lengkap.

2. Memfasilitasi transaksi keuangan yang lengkap

Strategi Pengembangan Bisnis BPR yang tak kalah pentingnya adalah fasilitas keuangan yang di butuhkan nasabah. Saat ini metode pembayaran semakin beragam, tak hanya datang ofline ke kantor saja, namun bisa juga dilakukan dengan online dan kecepatan tinggi tanpa harus ribet. Seperti halnya menyediakan berbagai bank, dengan e-wallet atau tinggal skan barcode (QRIS) saja. Jadi semakin banyak layanan yang di inginkan nasabah, semakin diminati juga BPR ini.

Baca juga :  Apa itu Crypto? Peluang Bisnis di Era Teknologi

Bagi BPR, tenang.. Untuk menghandle urusan keuangan ini, bisa berintegrasi dengan LinkQu. LinkQu memiliki beragam fitur yang disediakan, seperti halnya integrasi transfer uang menggunakan API, Virtual Account, Layanan 136 Bank, pembayaran menggunakan e-money dll. Daftar sekarang gratis. Klik disini

 

3. Kegiatan Bisnis Inti

Strategi Pengembangan Bisnis BPR selanjutnya yaitu berfokus pada bisnis inti. Selain bisnis inti perbankan, BPR juga harus fokus pada pembiayaan sektor pertanian dan usaha kecil dan menengah (UKM). Kegiatan bisnis utama bank pedesaan meliputi:

  • Membiayai proyek-proyek pertanian dengan memberikan pinjaman untuk konstruksi, pembelian peralatan dan kebutuhan lain di sektor pertanian.
  • Membiayai pinjaman UKM termasuk untuk usaha kecil seperti restoran, salon kecantikan, dll.; ini biasanya merupakan pinjaman tanpa jaminan dengan suku bunga berkisar antara 5% hingga 20%.

 

4. Jaringan Bisnis

Jaringan bisnis ini juga harus Anda siapkan dan fikirkan dalam strategi pengembangan bisnis BPR ini, berikut beberapa jaringan bisnis BPR.

  • Anda perlu membuka cabang di lokasi-lokasi strategis.
  • Anda harus memiliki jaringan mitra bisnis yang baik, baik individu kaya maupun perusahaan.
  • Anda harus menjalin hubungan baik dengan masyarakat setempat.

 

5. Produk dan Layanan

Sebagai Bank Perkreditan Rakyat, Anda bertanggung jawab untuk menyediakan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan nasabah sebagai strategi pengembangan bisnis BPR. Anda juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa produk dan layanan ini sesuai dengan kebutuhan pasar. Pada akhirnya, adalah tanggung jawab Anda sebagai Bank RBC untuk menyediakan produk dan layanan yang memenuhi kebutuhan anggota masyarakat dengan menyediakan layanan perbankan melalui kantor-kantor cabang yang memungkinkan akses yang nyaman bagi mereka yang tinggal di daerah pedesaan.

Baca juga :  3 cara pembayaran lazada transfer bank dengan Aman dan Terpercaya

 

6. Sumber Daya dan Kompetensi

Sumber daya dan kompetensi ini juga merupakan hal yang sangat penting, lebih-lebih dalam melakukan strategi pengembangan bisnis BPR

  • BPR memiliki kemampuan untuk menyediakan berbagai macam produk dan jasa.
  • BPR memiliki kemampuan untuk menyediakan jasa keuangan kepada berbagai macam nasabah.
  • BPR memiliki kemampuan untuk menyediakan berbagai macam produk dan jasa keuangan

7. Strategi Pengembangan Bisnis BPR yang disiapkan OJK

OJK adalah regulator BPR. Dalam rangka memperkuat dan mengembangkan BPR, OJK menyiapkan strategi yang akan disampaikan kepada Presiden Jokowi.

Berikut ini adalah beberapa poin penting dalam strategi ini:

  • Memperkuat struktur tata kelola dari semua jenis (korporasi, komite manajemen bank, anggota dewan)
  • Mengembangkan kapasitas sistem keuangan melalui penguatan kapabilitas pengawasan dan memastikan mekanisme penegakan hukum yang efektif.
  • Membangun pendekatan terpadu dalam manajemen risiko
  • Meningkatkan mekanisme penyelesaian sengketa
  • Meningkatkan transparansi melalui peningkatan persyaratan pengungkapan janji aksesi
  • Memperkuat standar dan pedoman akuntansi (termasuk persyaratan pelaporan kehati-hatian)
  • Mengembangkan strategi pemulihan perusahaan.

Kesimpulan: Strategi Pengembangan Bisnis BPR yang memungkinkan mendapatkan keunggulan kompetitif.

Strategi Pengembangan Bisnis BPR ini bertujuan agar BPR mendapatkan keunggulan kompetitif. Berikut ini adalah poin-poin utama yang harus difokuskan oleh BPR:

  • Fokus pada pengembangan jaringan bisnis mereka. Anda perlu membangun hubungan yang kuat dengan nasabah dan pemasok Anda, sehingga Anda dapat menawarkan nilai uang dan memberikan layanan berkualitas kepada mereka. Selain itu, penting juga untuk membangun hubungan baru dengan perusahaan lain agar Anda dapat memperluas jaringan bisnis Anda dan mendapatkan akses ke pasar baru.
  • Fokus pada fasilitas transaksi keuangan yang di inginkan nasabah di era ini.
  • Fokus pada pengembangan produk dan layanan. Anda harus dapat mengembangkan produk atau layanan baru yang akan memenuhi kebutuhan spesifik klien dalam industri ini atau wilayah di mana mereka beroperasi seperti layanan nasihat keuangan dll.. Misalnya jika ada banyak orang yang memiliki masalah dalam menabung, maka mungkin akan ada ketertarikan untuk berinvestasi ke dalam skema investasi properti yang akan memungkinkan mereka menghemat uang sambil mendapatkan keuntungan yang tinggi pada saat yang sama juga!
Baca juga :  Kirim Uang ke Luar Negeri dengan Mudah: Tips dan Trik Terbaik

Strategi yang telah kita bahas di sini merupakan strategi pengembangan bisnis BPR dalam kerangka kerja yang baik untuk memberikan keunggulan kompetitif. Hal ini akan membantu mereka menjadi lebih menguntungkan, meningkatkan basis pelanggan mereka dan meningkatkan penjualan. Penting juga bagi BPR untuk mengembangkan produk yang menarik bagi nasabah sehingga mereka dapat melayani secara khusus kebutuhan mereka tanpa harus bersaing dengan bank-bank lain di wilayah mereka.

 

Kata kunci terkait : bank prekreditan rakyat, Strategi Pengembangan Bisnis BPR, contoh strategi pengembangan bisnis bpr, BPR, BPR Adalah, perbedaan bank umum dan BPR, berikut ini yang membedakan antara bpr dan bank umum adalah, fungsi bpr, apa itu bpr, bank bpr terdekat, BPR Terdekat

Kami Siap Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Terkait