Negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu Kamboja. Cek Faktanya!

negara yang terletak paling utara di asean yaitu

Cek Faktanya! Negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu? – Association of Southeast Asian Nations atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara disingkat ASEAN, mempunyai 10 negara anggota. Bila menyaksikan peta ASEAN, mana negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu?

 

ASEAN didirikan pada 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand oleh lima negara pendiri ASEAN adalah Indonesia, Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

 

Transfer uang gratis ke bank di Indonesia

Selanjutnya anggota negara ASEAN semakin bertambah jadi 10 negara bersamaan tergabungnya negara Laos, Myanmar, Vietnam, Brunei Darussalam, dan Kamboja ke ASEAN. Lantas negara yang terletak paling utara di asean yaitu?

 

Mencuplik situs Sekretariat Nasional ASEAN – Indonesia, bila dipadukan luas daerah semua negara ASEAN mencapai 4,5 juta km persegi. Luas keseluruhan negara ASEAN itu sama dengan 3 % keseluruhan luas dataran di bumi disaksikan dari peta Negara ASEAN.

 

Indonesia sebagai negara ASEAN paling besar dengan luas daerah 1,9 juta km persegi. Sementara Singapura ialah negara ASEAN paling kecil dengan luas cuman 721,5 km persegi.

 

Dilihat dari peta ASEAN, beberapa negara ASEAN berbentuk kepulauan. Dua samudra yang melingkari ASEAN yaitu Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Luas laut ASEAN sekitaran 3x lipat dari luas datarannya.

 

Secara geografis, peta ASEAN terletak di 28 LU – 11 LS dan 92 BT – 141 BT dengan perincian batas-batas daerah negara ASEAN seperti berikut:

 

  • Sisi utara: Daratan China
  • Sisi selatan: Samudra Hindia dan Timor Leste
  • Sisi timur: Samudra Pasifik dan Papua Nugini
  • Sisi Barat: Samudra Pasifik dan India

 

Mari masuk ke ulasan selanjutnya berkenaan negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu Myanmar dan karakter geografis negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu Myanmar.

 

Negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu Myanmar

 

Berdasar situs Britannica, negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu Myanmar dengan lokasi menghampar dari garis lintang 10° LU sampai sekitaran 28° 30′ LU dilihat dari peta ASEAN.

 

Negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu Myanmar tergabung jadi negara anggota ASEAN pada 23 Juli 1997. Myanmar jadi negara ASEAN ke-9 yang tergabung dengan ASEAN sesudah Laos pada 23 Juli 1997 dan saat sebelum Kamboja pada 30 April 1999.

Baca juga :  Hari Pendidikan Nasional 2022, Kenapa Tidak Tanggal 2 Mei?

 

Disamping jadi negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu Myanmar ialah negara paling utara di Asia Tenggara. Myanmar seperti layang-layang dengan ekor panjang yang menghampar ke arah selatan di sejauh Semenanjung Malaya.

 

Negara-negara ASEAN ini bersebelahan dengan China di utara dan timur laut, Laos di timur, Thailand di tenggara, Laut Andaman dan Teluk Benggala di selatan dan barat daya, Bangladesh di barat, dan India di barat laut.

 

Panjang keseluruhan negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu Myanmar dari utara ke arah selatan ialah sekitaran 2.050 Km, dan lebarnya di bagian terluas, melewati pusat negara di sekitaran garis lintang kota Mandalay, merupakan kurang lebih 930 Km dari timur ke arah barat.

 

Begitu jawaban dari pertanyaan negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu Myanmar. Ini dilihat dari peta ASEAN di mana Myanmar merupakan daerahnya terletak paling utara di ASEAN.

Profile Lengkap 10 Negara ASEAN dari Indonesia sampai Kamboja

 

1. Indonesia

 

Indonesia ialah negara berkepulauan paling besar di Asia Tenggara. Indonesia ada di di antara dua dataran benua Asia dan Australia, dan di di antara Samudra Pasifik dan Samudra Hindia. Sejarah Indonesia dikuasai oleh bangsa-bangsa yang lain.

 

Kepulauan Indonesia jadi daerah perdagangan penting semenjak era ke 7, pada zaman Kerajaan Sriwijaya, kerajaan Hindu-Buddha terpusat di Palembang. Indonesia sebagai anggota dari PBB dan anggota dari organisasi negara KAA, APEC, OKI, G-20 dan OECD. Kepala negara Indonesia bergelar presiden dan ibu-kota Indonesia adalah Jakarta.

 

 

2. Malaysia

 

Malaysia sebagai negara federasi. Terdiri dari 13 negara bagian dan tiga daerah federasi di Asia Tenggara. Ibu kotanya Kuala Lumpur dan Putrajaya jadi pusat pemerintah federasi.

 

Negara Malaysia terdiri dari dua teritori oleh Kepulauan Natuna yaitu Malaysia Barat dan Malaysia Timur. Kepulauan Natuna sendiri sebagai kepulauan yang masuk daerah Indonesia di Laut Tiongkok Selatan. Kepala Negara Malaysia ialah seorang Raja bergelar sultan.

Baca juga :  Terbaru! 24 Games Yang Menghasilkan Uang Paling Populer

 

3. Singapura

 

Profile negara ASEAN Singapura bisa disaksikan di situs resminya. Diuraikan jika Singapura sebagai negara pulau di lepas ujung selatan Semenanjung Malaya, di utara Khatulistiwa di Asia Tenggara. Singapura jadi negara pusat keuangan paling depan ke-3 di dunia dan sebagai negara dengan kota dunia kosmopolitan.

 

Singapura mainkan peranan penting dalam perdagangan dan keuangan Internasional. Singapura sebagai negara republik parlementer. Pucuk kekuasaan eksekutif Singapura dipegang oleh Perdana Menteri Singapura.

 

4. Thailand

 

Thailand sebuah negara di Asia Tenggara yang bersebelahan dengan Laos dan Kamboja di timur, Malaysia dan Teluk Siam di selatan, dan Myanmar dan Luat Andaman di barat. Kerajaan Thailand dahulu diketahui bernama Siam sampai tanggal 11 Mei 1949.

 

Politik konstitusi Thailand di bawah konstitusi Raja Konstitusional dengan Perdana Menteri sebagai kepala negara dan pewaris Raja sebagai kepala negara. Raja Thailand mempunyai kekuasaan langsung di bawah konstitusi sekalian sebagai perlindungan Buddhisme Kerajaan Thailand dan simbol jati diri dan persatuan bangsa.

 

5. Filipina

 

Filipina sebagai negara republik di Asia Tenggara. Negara ini sebagai negara kepuluauan di lingkar pasifik barat. Masyarakat negaranya mengembangkan metode berkebun padi.

 

Pemerintahan politik Filipina ikuti pemerintahan Amerika Serikat. Presiden berperan sebagai kepala negara, kepala pemerintah, panglima paling tinggi angkatan bersenjata. Presiden diputuskan dalam pemilu dengan periode kedudukan enam tahun.

 

6. Brunei Darussalam

 

Brunei Darussalam sebagai negara berdaulat di Asia Tenggara. Terletak di lihat utara pulau Kalimantan. Brunei Darussalam memiliki sebagai negara index pembangunan manusia paling tinggi ke-2 di Asia Tenggara sesudah
Singapura. Brunie juga dikelompokkan sebagai negara Maju.

 

7. Vietnam

 

Vietnam sebagai negara paling padat ke 13 di dunia. Negara ini ada di Semenanjung Indochina di Asia Tenggara dan bersebelahan dengan Republik Rakyat Tiongkok, Laos, Kamboja, dan Laut China Selatan. Kepala pemerintah di Vietnam adalah Perdana Menteri. Di Vietnam, Perdana Menteri mengetuai kabinet yang terdiri dari 3 deputi perdana mentri dan kepala 26 menteri-menteri dan perwira-perwira.

Baca juga :  Update Jawaban! Bagaimana Landasan Yuridis Kedaulatan Negara Republik Indonesia

 

Kata kunci terkait : negara yang terletak paling utara di asean yaitu, negara apa yang terletak paling utara di asean yaitu, negara yang terletak di paling utara di asean yaitu, negara apa yang terletak paling utara, negara yang terletak paling utara di asean adalah, negara asean yang terletak paling utara, negara yang terletak paling utara di asean, negara yang terletak paling utara, negara apa yang terletak paling utara di asean, negara yang terletak paling utara asean yaitu, negara asean apa yang terletak paling utara, negara apa yang terletak paling utara asean, negara asean, negara pendiri asean, lima negara pendiri asean adalah, manakah dari negara negara asean berikut yang memiliki iklim subtropis, faktor pendorong kerjasama antar negara asean yaitu, peta negara asean, negara-negara asean, negara negara asean, sebutkan negara-negara anggota asean, negara apa saja yang masuk sebagai anggota asean, sebutkan negara negara anggota asean, 10 negara asean, apa sumber daya yang menjadi keunggulan tiap negara asean, bendera negara asean, 5 negara pendiri asean, negara anggota asean

 

8. Laos

 

Laos sebagai negara republik yang ada di sisi utara Semenanjung Indochina. Kepala negara Laos ialah Presiden ditetapkan oleh parlemen untuk periode kedudukan lima tahun. Kepala pemerintah Laos ialah seorang perdana mentri yang dipilih oleh Presiden dengan kesepakatan dari parlemen.

 

9. Myanmar

 

Myanmar bersebelahan dengan India, Bangladesh, Thailand, Laos. Myanmar ialah negara yang kaya dengan giok, batu permata, minyak bumi, gas alam, dan mineral yang lain. Negara yang terletak paling utara di asean yaitu Myanmar.

 

Myanmar diperintah oleh pemerintah militer semenjak kudeta tahun 1988. Negara berkembang ini mempunyai populasi lebih dari 51 juta jiwa.

 

10. Kamboja

 

Kamboja sebagai negara Monarki Konstitusional di Asia Tenggara. Kamboja bersebelahan dengan Thailand, Laos, Vietnam, dan teluk Thailand. Sebagian besar warga Kamboja pengikut Buddha. Kamboja mempunyai pertunjukan budaya seperti festival bonn omteuk. Kepala Negara Kamboja ialah seorang Perdana Menteri Kamboja.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Mau gratis biaya admin?
Transfer pakai aplikasi yuk!