Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi?

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi? Pertanyaan itu cukup kerap ada dalam hal ekonomi dasar.

Diambil dari Market Business News, apa yang dimaksud kegiatan ekonomi ialah semua kegiatan memproduksi, menyediakan, membeli, dan menjual barang atau jasa. Tiap perbuatan dari kegiatan itu disebut dengan kegiatan ekonomi.

 

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi bisa juga memiliki arti semua kegiatan yang mengikutsertakan peralihan yang atau peralihan produk dan jasa. Misalkan seorang yang memulai usaha kecil dengan berdagang atau memproduksi barang.

 

Pegawai yang bekerja di pabrik dan terima gaji dikatakan sebagai kegiatan ekonomi. Pabrik atau pemberi kerja kerja melakukan aktivitas ekonomi karena dengan aktif membayar karyawan dan menjual barang yang dibuat.

 

Seorang yang membeli barang selanjutnya mengkonsumsinya dikatakan dengan kegiatan ekonomi, seperti beli makanan, beli pakaian, beli rumah, dan lain-lain.

 

Ringkasnya, apa yang dimaksud kegiatan ekonomi yaitu semua sikap dan perlakuan manusia yang mempunyai tujuan untuk penuhi tuntutan hidupnya yang dikerjakan pada beberapa prinsip ekonomi.

 

Konsep kegiatan ekonomi sendiri meliputi tiga hal yang mencakup: produksi, distribusi dan konsumsi.

 

Agar semakin memahami mengenai apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi, lihat berikut ini!

 

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi?

Produksi

Pemahaman Produksi

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi dalam pemahaman produksi? Menurut penjelasan ekonomi, produksi ialah tiap kegiatan atau usaha manusia untuk hasilkan atau menambahkan nilai buat barang dan jasa. Contoh: menanam padi (menghasilkan), ambil ikan dari laut (menambah guna tempat), menjahit kain jadi celana (menambah guna bentuk) . Maka, produksi meliputi dua hal, yakni membuat atau hasilkan barang dan jasa dan Menambah guna barang dan jasa. Orang yang lakukan kegiatan produksi disebutkan produsen. Lalu apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi untuk tujuan produksi? ini penjelasnnya.

Baca juga :  Negara yang terletak paling utara di ASEAN yaitu Kamboja. Cek Faktanya!

 

Tujuan Produksi

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi dalam pemahaman produksi dibuat oleh manusia? Berikut ialah beberapa tujuan produksi, yakni:

  1. Penuhi kebutuhan manusia.
  2. Cari keuntungan atau laba.
  3. Jaga keberlangsungan hidup perusahaan.
  4. Tingkatkan kualitas dan jumlah produksi.
  5. Menukar beberapa barang yang aus dan hancur karena digunakan atau karena musibah alam

 

Tipe Kegiatan Produksi Menurut Sektor Usahanya

Produksi bisa digolongkan jadi beberapa sektor bisnis.

  1. Sektor ekstraktif, yakni produksi yang mengambil langsung hasil yang disiapkan alam tanpa lakukan pemrosesan selanjutnya. Misalnya: perikanan dan pertambangan.
  2. Sektor agraris, yakni produksi yang memproses alam untuk memiara tanaman dan hewan. Misalnya: pertanian, perkebunan dan peternakan.
  3. Sektor Industri, yakni produksi yang memproses bahan mentah jadi barang maka barang mentah jadi barang 1/2 jadi , dan barang 1/2 jadi menjadi barang jadi. Seperti benang dibuat jadi kain.
  4. Sektor perdagangan, yakni produksi yang kumpulkan dan jual kembali hasil produksi ke yang membutuhkan untuk mendapat keuntungan. Misalnya: toko, supermarket, kios, dan sebagainya.
  5. Sektor jasa, yakni produksi yang menolong dan membuat lancar proses produksi tanpa turut membuat barang tersebut . Maka, sektor produksi jasa tidak hasilkan barang tetapi cuman hasilkan jasa. Contoh: perbankan, rumah sakit dan sekolah.

 

Aspek Produksi

  1. Aspek produksi alam, yakni faktor produksi yang disiapkan oleh alam, mencakup tanah, kekayaan rimba,
    kekayaan laut, air, cuaca, dan sebagainya.
  2. Aspek produksi tenaga kerja, yakni aspek produksi yang berbentuk tenaga kerja manusia.
  3. Aspek produksi modal, yakni semua hasil produksi berbentuk benda yang dibuat untuk hasilkan barang
    atau jasa yang lain.
  4. Aspek produksi kewiraswastaan, yakni kekuatan seorang untuk mengurus satu usaha

 

Distribusi

Penjelasan Distribusi

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi dalam aspek distribusi? – Distribusi sebagai satu proses yang memperlihatkan pendistribusian barang yang dibuat dari produsen ke customer. Orang yang lakukan kegiatan distribusi disebutkan distributor. Contoh kegiatan distribusi ialah pedagang sate jual dagangannya di pasar.

Baca juga :  Terbaru! 24 Games Yang Menghasilkan Uang Paling Populer

Tujuan Distribusi

  1. Keberlangsungan hidup kegiatan produksi terjaga
  2. Barang atau jasa hasil produksi bisa berguna untuk customer
  3. Customer bisa memperoleh barang yang diperlukan dengan gampang

 

Saluran Distribusi

  1. Distribusi langsung: Distribusi barang/jasa tanpa lewat mediator hingga pendistribusian barang langsung dari produsen ke customer. Contoh pedagang baso langsung jual dagangan ke customer.
  2. Distribusi semi langsung: Metode distribusi dari produsen ke customer lewat pedagang mediator yang
    merupakan bagian dari produsen. Contoh pabrik tekstil salurkan kainnya lewat conventer
  3. Distribusi tidak langsung: Metode distribusi dari produsen ke customer lewat agen, grosir, makelar,komisioner dan pedagang kecil yang bertindak selaku mediator. Contoh PT. Pertamina salurkan gas LPG lewat agen-
    agen gas LPG.

 

Konsumsi

Penjelasan Konsumsi

Apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi dalam aspek konsumsi? – Konsumsi ialah kegiatan usaha manusia agar penuhi keperluan barang atau bahkan keperluan jasa. Kegiatan konsumsi sebagai kegiatan manusia untuk memakai baik barang atau jasa secara berangsur-berangsur atau sekalian habis digunakan untuk penuhi keperluan. Orang yang jalankan kegiatan konsumsi disebut sebagai customer. Misalkan beli baju karena ingin jaga badan, menghindari rasa malu, dan ingin mendapat kepuasan.

Tujuan Konsumsi

  1. Kurangi nilai guna barang atau jasa dengan bertahap.
  2. Habiskan nilai guna barang sekaligus.
  3. Memberikan kepuasan keperluan secara fisik.
  4. Memberikan kepuasan kebutuhan rohani.

 

Kata kunci terkait : kegiatan ekonomi, kegiatan ekonomi adalah, apa yang dimaksud kegiatan ekonomi, apakah yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi, apakah yang dimaksud kegiatan ekonomi, macam macam kegiatan ekonomi, pengertian kegiatan ekonomi, apa itu kegiatan ekonomi, tiga jenis kegiatan ekonomi, tiga macam kegiatan ekonomi, apa pengertian kegiatan ekonomi, macam kegiatan ekonomi, apa yang dimaksud dengan kegiatan ekonomi

 

Baca juga :  Banjir Promo! Shopee Gratis Ongkir 2.2 COD Shale 2022

Pelaku Kegiatan Konsumsi

Kegiatan konsumsi rumah tangga

Contoh kegiatan konsumsi rumah tangga ialah penyukupan kebutuhan rumah tangga yang berbentuk makanan, baju, alat sekolah, listrik dan lain-lain.

 

Kegiatan Konsumsi Perusahaan

Kegiatan konsumsi yang dijalankan oleh perusahaan sebagai kegiatan konsumsi yang diperuntukkan untuk hasilkan barang dan jasa. Di saat menghasilkan barang perusahaan membutuhkan bahan baku, tenaga kerja dan modal . Maka perusahaan bukan hanya lakukan kegiatan produksi tapi juga lakukan kegiatan konsumsi.

 

Dalam hal melakukan pembayaran kepada karyawan, sebaiknya pihak perusahaan untuk memakai sistem pembayaran secara masal, agar bisa mengefisiensikan waktu yang lebih maksimal. LinkQu bisnis memiliki fitur Transfer uang massal, bisa dicoba untuk perusahaan. Klik Daftra Gratis DI SINI

 

Kegiatan Konsumsi Negara

Konsumsi Negara mempunyai tujuan untuk penuhi atau layani keperluan warga. Contoh konsumsi yang dilaksanakan Negara ialah membangun jalan, membuat sekolah, bayar upah karyawan dan lain-lain.

 

 

Kami Siap Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Terkait