Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

Terbaru, 5 Strategi Pengembangan Koperasi yang Efektis

pengembangan-koperasi

Dalam artikel ini, kami akan memperkenalkan empat tahap pengembangan koperasi dan menjelaskan bagaimana cara melaluinya: mengorganisir, mengembangkan rencana bisnis dan pemasaran, mencari tahu cara membiayai koperasi Anda, tumbuh dan membuka usaha.

4 tahap dalam proses pengembangan koperasi.

Empat tahap dalam proses pengembangan koperasi adalah:

  • Pengorganisasian – Ketika Anda memutuskan untuk memulai bisnis, Anda perlu mengatur tim Anda. Hal ini dapat dilakukan dengan membentuk dewan direksi atau menyewa pengacara atau profesional lain yang akan membantu prosesnya.
  • Mengembangkan Rencana Bisnis dan Pemasaran – Setelah Anda membentuk organisasi Anda dan mengidentifikasi siapa yang akan berada di dewan direksi Anda, sekarang saatnya bagi mereka untuk mulai mengembangkan rencana pemasaran masing-masing dan rencana untuk apa yang akan mereka jual di toko ritel. Tujuannya di sini bukan hanya menjual produk, tetapi juga menciptakan nilai melalui layanan yang diminta pelanggan dari waktu ke waktu ketika mereka merasa ingin menghabiskan uang untuk diri mereka sendiri (misalnya, polis asuransi).
  • Langkah ini melibatkan kerja sama dengan bank agar tidak hanya mendapatkan pinjaman yang disetujui dengan cepat, tetapi juga memastikan semua dokumen yang terkait dengan pinjaman ini diselesaikan dengan benar sebelum mengirimkannya sehingga tidak ada penundaan di kemudian hari karena seseorang tidak melakukan pekerjaan mereka dengan benar terlebih dahulu!

 

1 Pengelolaan Uang yang Otomatis

Ini merupakan stategi dalam pengembangan koperasi yang baru, yaitu pengelolaan keuangan yang serba otomatis. Kenapa ini terbilang baru, karena sejak dulu koperasi masih menggunakan pengelolaan keuangan dengan sistem yang konfensional atua manual. Namun seiring perkembangannya teknologi, sistem ini penting dan harus di lakukan oleh koperasi dan perusahaan-perusahaan lainnya agar dapat mempercepat proses transaksi keuangan. Anda dapat mencobanya gratis di LinkQu, fitur fitur di LinkQu terbilang lengkap, mulai dari Kirim uang massal, QRIS, Virtual Account, Pembayaran melalui Alfa mart dan Indomaret dan juga dengan API, sehingga secara otomati dapat melakukan proses pengiriman ke banyak nasabah, dan juga nasabah bisa melakukan pembayaran dimana saja dengan mudah. Coba sekarang, gratis. Klik Disini

Baca juga :  Kegunaan API Disbursement Untuk Bisnis E-Commerce

 

2 Terorganisir.

Langkah pertama dalam strategi pengembangan koperasi adalah mengorganisir sekelompok pemangku kepentingan. Hal ini dapat dilakukan dengan membentuk asosiasi atau klub, tetapi akan lebih efektif jika sudah ada tingkat kepercayaan di antara para peserta. Pemimpin kemudian harus mengatur pertemuan di mana mereka akan membahas berapa banyak pekerjaan yang perlu dilakukan dan siapa yang akan melakukan tugas apa. Mereka juga harus menetapkan agenda untuk pertemuan ini berdasarkan penelitian awal dan sesi curah pendapat mereka, serta informasi tambahan apa pun yang mungkin muncul selama percakapan tersebut – misalnya, pertanyaan apa yang perlu dijawab sebelum melanjutkan dengan proyek tertentu?

 

3 Kembangkan rencana bisnis dan pemasaran.

Rencana bisnis adalah dokumen yang menguraikan tujuan organisasi Anda, pernyataan misi, dan informasi lainnya. Ini juga harus mencakup pernyataan misi organisasi Anda. Rencana pemasaran adalah dokumen yang menjelaskan bagaimana Anda bermaksud menjangkau audiens target untuk produk atau layanan Anda dengan strategi khusus untuk berkomunikasi dengan mereka di berbagai saluran (misalnya, pemasaran email).

Perbedaan antara kedua rencana ini adalah bahwa yang pertama akan digunakan oleh bisnis Lembaga Keuangan Non-Koperasi (LKK) sementara yang kedua akan digunakan oleh koperasi hanya setelah mereka memutuskan model bisnis mereka.

 

4 Cari tahu bagaimana membiayai koperasi Anda.

Setelah Anda memutuskan untuk memulai sebuah koperasi, langkah selanjutnya adalah mencari cara untuk membiayainya. Ada banyak pemberi pinjaman di luar sana yang akan dapat membantu Anda memulai dan memberi Anda akses ke modal. Tetapi sebelum melakukan itu, pastikan ide bisnis Anda memiliki potensi yang cukup bagi investor dan pemberi pinjaman – dan bahwa itu sepadan dengan waktu mereka.

Baca juga :  Cara Top Up DANA

Saat mencari pinjaman, carilah sumber pendanaan yang memiliki reputasi baik seperti bank atau pemodal ventura yang berspesialisasi dalam bisnis kecil seperti milik Anda (atau bahkan yang lebih besar). Mereka harus memiliki pengalaman dengan koperasi atau jenis organisasi nirlaba lainnya karena pinjaman ini memerlukan perhatian khusus jika dibandingkan dengan pinjaman bisnis standar. Anda mungkin juga menginginkan seseorang yang tahu tentang koperasi karena mereka cukup mirip tetapi cukup berbeda dari bisnis tradisional sehingga mereka tidak akan terkejut dengan legalitas apa pun yang terlibat dengan memilikinya sendiri!

 

5 Kembangkan dan buka untuk bisnis.

Sekarang koperasi Anda siap untuk membuka bisnis, saatnya untuk mengurus dokumen. Anda perlu mendapatkan izin usaha dan mendaftarkan koperasi Anda ke negara bagian. Selain itu, Anda harus menyiapkan rekening bank untuk koperasi Anda sehingga dapat menerima pembayaran dari pelanggan dan melakukan penyetoran ke rekeningnya.

Jika ini terdengar luar biasa pada pandangan pertama – memang begitu! Tapi jangan khawatir: kami di sini dengan tips tentang cara terbaik untuk menangani semua tugas ini dengan sukses sehingga semuanya berjalan lancar dari awal (atau bahkan setelahnya) hingga selesai!

 

5 langkah pertama dalam mengembangkan koperasi

Empat langkah pertama dalam mengembangkan koperasi adalah proses paralel yang berlangsung secara bersamaan, kecuali untuk langkah pembiayaan, yang harus menunggu sampai langkah 2 selesai.

Pengembangan koperasi adalah proses yang membutuhkan waktu. Dibutuhkan kesabaran, dedikasi dan kerja keras. Jika Anda ingin memulai koperasi Anda sendiri, penting untuk memastikan Anda memiliki semua keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan sebelum memulai usaha bisnis baru Anda.

Jika Anda tertarik untuk memulai koperasi tetapi tidak yakin harus mulai dari mana atau berapa banyak biaya yang dibutuhkan, ada beberapa sumber daya yang tersedia secara online yang dapat membantu memandu proses pengambilan keputusan Anda:

  • Pusat Pengembangan Koperasi di Cornell University’s ILR School menawarkan pengenalan tentang bagaimana koperasi cocok dengan ekonomi saat ini serta potensi manfaat dari bergabung dengan koperasi (www2).
  • Federasi Nasional Serikat Kredit Pembangunan Masyarakat menyediakan informasi tentang peran serikat kredit dalam pengembangan masyarakat (www3).
Baca juga :  Efisiensi Bisnis: Cara Transfer BRI ke Mandiri Mudah!

 

Proses pengembangan koperasi dimulai dengan memutuskan rencana bisnis dan pemasaran. Selanjutnya, Anda perlu mencari tahu bagaimana membiayai koperasi Anda. Terakhir, tumbuh dan buka untuk bisnis. Seperti yang dapat Anda lihat dari daftar di atas, ada empat proses paralel yang berlangsung secara bersamaan dalam strategi pengembangan koperasi. Jika Anda mengikuti langkah-langkah ini dengan cermat, maka koperasi Anda dapat menjadi salah satu bisnis paling sukses yang pernah dibuat!

 

Kata kunci terkait : langkah langkah apa saja yang bisa dilakukan dalam mengembangkan koperasi, pengembangan koperasi, strategi pengembangan koperasi, 6 strategi pengembangan koperasi, asas pengembangan koperasi adalah

Kami Siap Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Terkait