Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

Mengenal Apa itu Bisnis Digital dan Keuntungannya

 

Mengenal Apa itu Bisnis Digital dan Keuntungannya – Istilah apa itu bisnis digital sekarang sudah tidak asing di telinga kalian. Seiring dengan berkembangnya teknologi, semakin bertambah juga kemudahan dalam bidang teknologi yang dapat dirasakan. Mungkin tidak pernah terbayangkan sebelumnya, jika aktivitas jual-beli dapat terjadi tanpa bertatap muka, atau pergi ke satu tempat dengan memakai kendaraan yang dapat dipesan melalui telepon genggam.

Mengenai apa itu bisnis digital ? Bisnis digital sebagai hal yang penting dan harus dipelajari oleh semua wirausahawan. Karena seorang pebisnis yang tidak mengetahui apa itu bisnis digital dan tidak ingin bergerak ke dunia digital akan berat bertahan melawan arus teknologi dan persaingan dari sejumlah usaha lain. Cukup banyak perusahaan besar yang tidak mengetahui apa itu bisnis digital dan pada akhirannya harus tutup karena terlambat berevolusi ke dunia yang baru.

Untungnya, entrepreneur baru tak perlu alami ketakutan yang serupa karena rata-rata bisnis baru yang dimulai sekarang ini sudah tentu disertai dengan basis digital sehingga mereka sedikit banyak pastinya sudah mengetahui apa itu bisnis digital. Hal tersebut menunjukkan bahwa pentingnya mempelajari apa itu bisnis digital yang merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan, di mana beberapa pelaku nya dapat memulai usaha itu dari tempatnya masing-masing.

Berubahnya hampir semua aspek kehidupan seperti pendidikan, layanan kedokteran, hingga musik juga beralih dari konvensional ke digital menjadi salah satu bukti betapa pentingnya mempelajari apa itu bisnis digital.

apa-itu-bisnis-digital

Apa itu bisnis digital ?

Bisnis digital merupakan kegiatan usaha yang memanfaatkan teknologi dalam pelaksanaannya, baik saat menciptakan pun dengan serangkaian kegiatan pemasarannya. Usaha ini mencakup penyediaan barang dan jasa, perubahan dari jenis fisik beragam usaha yang dapat dilaksanakan secara online.

Baca juga :  Cara Mudah Mengetahui Kode Bank BCA

Dengan mempelajari apa itu bisnis digital ini, kita dapat terhubung dengan konsumen dengan cepat, melewati batasan ruang, wilayah, maupun waktu. Satu sama lain langsung bisa terkoneksi cukup dengan menggunakan gadget dan akses internetnya.

Mengapa Membawa Bisnis ke platform Digital Sangat Penting?

Sekarang ini, persaingan dalam bisnis di dunia digital semakin ketat. Baik bisnis baru atau perusahaan besar berlomba memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan mereka. Bisnis-bisnis yang mempertahankan cara konvensional dan tidak mengetahui apa itu bisnis digital kebanyakan tidak ada yang dapat bertahan dalam kurun waktu satu tahun.

Dan sebagai entrepreneur muda yang inovatif, Kalian harus cermat dalam melihat peluang ketika membuat pelayanan digital supaya pelanggan lebih tertarik dengan pelayanan digital dari brand kalian dibandingkan di perusahaan lain.

Ragam Jenis Bisnis Digital

Untuk mengenali lebih jauh apa itu bisnis digital ? kenali terlebih dahulu ragam jenisnya. Banyak celah dan peluang yang dapat dijalankan berdasar passion yang dimiliki, misalnya:

  • E-Commerce

Jika bisnis model marketplace hanya mempersiapkan platform untuk mempertemukan penjual dan pembeli, bisnis digital jenis e-commerce ini menyediakan produk maupun sekaligus media khusus untuk menjual produk yang mereka buat.

Misalnya, perusahaan furniture membuat suatu website supaya konsumen dapat memesan produk mereka secara online di website tersebut. Atau contoh yang lain ialah usaha catering cepat saji yang membuat aplikasi khusus agar pelanggan dapat memesan makanan dari menu mereka melalui aplikasi tersebut secara online.

  • Penyedia Jasa

Banyak startup yang memanfaatkan peluang bisnis digital ini sehingga menghasilkan keuntungan yang besar. Mereka menawarkan penyediaan jasa untuk setiap keperluan konsumen. Ojek online misalnya. Jika dahulu naik ojek identik dengan keharusan seseorang untuk menuju pangkalan, sekarang para driver dapat menjemput langsung di depan rumah, bahkan juga layanannya telah makin lengkap, mulai dari bisa membelikan makanan, membantu berbelanja, dan beragam layanan canggih yang lain.

  • Konversi Barang Fisik Menuju Digital

Selain menyediakan beragam produk barang ataupun jasa, usaha ini meliputi konversi dari produk non digital menjadi digital, seperti ebook, e-journal dan sebagainya.

  • Digital Marketing

Contoh bisnis di bagian digital yang selanjutnya ialah marketing dalam bentuk digital. Sebenarnya, lingkup bisnis di bagian digital marketing ini cukup luas, berikut beberapa diantaranya:

  1. Social Media ManagementMedia sosial seolah sudah menjadi bagian dari kehidupan manusia saat ini. Hampir setiap orang mempunyai account medsos itu, perihal ini pula yang dapat dimanfaatkan menjadi kesempatan bisnis digital lewat sosial media management. Brand yang dikelola akan lebih terorganisir, baik dari tampilan brand identity, tampilan dan postingan sosmed, interaksi yang terjalin dengan konsumen, hingga feedback atau testimoni dari pelanggan tersebut.Salah satu kelebihan dari bisnis digital ini adalah jangkauannya yang sangat luas. Ditambah lagi dengan adanya fasilitas Ads atau iklan dari sosial media tersebut yang memungkinkannya brand dikenali dan informasinya bisa sampai pada mereka yang membutuhkan, untuk berpromosi diperlukan data spesifik dari sasaran pasarnya, dimulai dari umur, gender, lokasi dan sebagainya. Sehingga algoritma dari sosmed itu akan berpengaruh.
  2. Content MarketingJika social media management menyediakan jasa untuk mempersiapkan mengelola akun dari sebuah brand, maka ada satu jenis yang lain terkait dengan hal itu yakni content marketing. Content inilah yang nantinya akan diunggah pada akun sosmed itu. Bisa foto, video, infografis, kuis, dan lain sebagainya.
  3. Search Engine Optimization (SEO)Hal ini merupakan pemanfaatan atau optimasi dari mesin pencarian data agar bisa memunculkan informasi yang diperlukan penggunanya. Serangkaian langkah sistematis dilakukan agar bisa menjadikan sebuah web berada di posisi atas penelusuran.
Baca juga :  Keuntungan Memakai Aplikasi Transfer Uang Terpercaya

Apa Saja Keuntungan Merambah ke Bisnis Digital?

Setiap hal akan mempunyai segi positif dan negatifnya masing-masing, termasuk dalam ulasan kali ini yaitu apa itu bisnis digital ini. Semua bergantung pada bagaimana cara manfaatkan kelebihan dan meminimalkan terjadinya beragam kekurangan itu.

Sama seperti yang telah dikatakan sebelumnya, membawa usaha ke dunia digital bukan sebuah pilihan tetapi kewajiban. Tetapi, bukan berarti tidak ada keuntungan apapun yang dapat kalian rasakan dari evolusi bisnis konvensional ke digital.

Justru dengan giat mempelajari apa itu bisnis digital, kalian akan lebih cermat melihat peluang pada bisnis digital, Kalian bisa mempercepat perkembangan sebuah brand hingga ratusan kali lipat. Nah, berikut di bawah ini ialah beberapa contoh keuntungan dari membawa bisnis cara lama ke dunia digital.

  • Menjangkau Konsumen dari Daerah yang Lebih Luas
  • Jam kerja yang lebih fleksibel
  • Modal yang dikeluarkan relatif kecil
  • Lebih efisien dan efektif

Melakukan bisnis digital sebagai salah satu adaptasi pada keadaan, karena mau tidak mau, sukai atau tidak sukai, perubahan itu mutlak ada dan bisa terjadi. Termasuk dengan berkembangnya ide bisnis ini yang mengandalkan teknologi sebagai pendukungnya.

Sama seperti yang telah kita ulas di atas apa itu bisnis digital , seiring perkembangan teknologi, pembayaran digital di Indonesia terus mengalami perubahan. Pada akhirnya, ekosistem ekonomi digital membuat masyarakat untuk selalu menggunakan sarana ini mendatang. Maka, dengan kemauan yang semakin tinggi, bisnis tentu saja membutuhkan infrastruktur yang baik untuk menghadirkan sistem pembayaran digital terbaik untuk pelanggannya. Untuk itulah, LinkQu hadir untuk membantu beragam institusi, khususnya pada aspek tata kelola keuangan digital terkait penyedia layanan transfer uang.

Kenyataannya, layanan LinkQu mempermudah semua jenis transaksi bisnis digital. Faktanya, beragam perusahaan telah menggunakan LinkQu untuk menghadirkan sistem pembayaran digital dan memberikan pengalaman yang hebat untuk penggunanya. LinkQu sebagai penyedia layanan transfer dana yang mempermudah pelanggan bisa bertransaksi secara maksimal. Download dan Daftar saja gratis di sini.

Baca juga :  Velocity OCBC NISP: Transaksi Bisnis Makin Ngebut & Aman!

Itulah informasi seputar apa itu bisnis digital yang perlu diketahui. Agar kita tidak tergerus oleh keadaan, maka yang harus dilakukan ialah mempelajari dan memperdalam pengetahuan mengenai apa itu bisnis digital, sesuaikan dengan passion atau keahlian yang dimiliki, konsisten dan jangan pernah berhenti belajar. Dengan demikian, bisnis dalam bidang digital yang dijalani bisa menjadi lancar dan tanpa hambatan.

Kami Siap Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Terkait