Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

Ketahui, apa itu laporan arus kas dalam berbisnis

Ketahui, apa itu laporan arus kas dalam berbisnis – Sebagai pelaku bisnis atau usaha, Kalian mungkin tak perlu menjadi pakar dalam pembukuan untuk memahami laporan keuangan kalian, namun akan lebih baik bila Anda dapat membuat dan membaca laporan keuangan dengan baik. Intinya, Anda harus bisa menggunakannya untuk membuat keputusan bisnis yang terinformasi dengan baik.

Untuk kalian yang mempunyai usaha, istilah laporan keuangan kemungkinan tidak asing. Tetapi ada satu istilah lagi yang sebaiknya perlu kalian ketahui yaitu apa itu laporan arus kas atau cash flow statement.

Berbincang soal apa itu laporan arus kas merupakan elemen yang penting bagi pemilik usaha untuk mengetahui sehat atau tidak keadaan keuangan perusahaan. Untuk memahami lebih jauh mengenai apa itu laporan arus kas, baca keterangan selengkapnya berikut!

apa itu laporan arus kas

Apa itu Laporan Arus Kas ?

Untuk menjaga kestabilan keuangan, sebuah perusahaan barang dan jasa tentu mempunyai sistem akuntansi atau pencatatan laporan dari semua aktivitas transaksi bisnis. Berdasarkan Standar Akuntansi Keuangan (SAK), selain neraca dan ekuitas/laporan perubahan modal, terdapat laporan arus kas yang harus senantiasa dibuat per periode.

Mengenal apa itu laporan arus kas atau yang biasa dikatakan dengan cashflow ini sendiri sebagai catatan keuangan yang berisi informasi mengenai pemasukan dan pengeluaran selama satu periode. Laporan ini akan bermanfaat saat kalian akan mengevaluasi struktur keuangan (likuiditas dan solvabilitas), dan aktiva bersih perusahaan. Tidak cuma itu, kalian juga dapat memakainya sebagai strategi adaptif menghadapi perubahan kondisi dan peluang.

3 Komponen dalam Mengenal Apa itu Laporan Arus Kas

Berikut ini ialah perincian tiap bagian dalam mengenali apa itu laporan arus kas. Walau setiap perusahaan akan mempunyai item yang kemungkinan berbeda, persiapan umumnya biasanya sama. Pedoman ini akan memberikan kalian gambaran singkat yang bagus mengenai apa yang perlu dicari saat menganalisa sebuah perusahaan dengan mengetahui terlebih dahulu apa itu laporan arus kas.

1. Aktivitas atau Kegiatan Operasional

Mengenali apa itu laporan arus kas diawali dengan Arus Kas dari Kegiatan Operasional. Ini diawali dengan laba atau rugi bersih, diikuti dengan penambahan atau pengurangan dari jumlahnya itu untuk menyesuaikan laba bersih ke angka arus kas keseluruhan.

Baca juga :  Virtual Account Adalah? Berikut Manfaat dan Penjelasannya secara Lengkap

Apa yang ditambahkan atau dikurangi ialah perubahan saldo akun poin yang ditemukan dalam asset lancar dan kewajiban lancar di neraca, dan akun non-tunai (misalkan, kompensasi berbasis saham). Selanjutnya Anda akan mengetahui penghasilan bersih perusahaan.

Penghasilan Bersih

Jumlah ini ialah pokok dari laporan laba rugi. Pendapatan atau penghasilan bersih memperlihatkan profitabilitas perusahaan selama kurun waktu tertentu. Ini dihitung dengan mengambil keseluruhan total penghasilan dan mengurangkan dari mereka HPP dan keseluruhan biaya, yang meliputi SG&A (Biaya Pemasaran, Umum dan Administrasi), Depresiasi dan Amortisasi, bunga, dan lain-lain.

Ditambahkan: Depresiasi dan Amortisasi (D&A)

Nilai berbagai asset menurun seiring berjalannya waktu saat dipakai dalam usaha. Mengakibatkan, D&A ialah biaya yang mengalokasikan biaya asset selama masa kemanfaatannya.

Penyusutan melibatkan asset berbentuk seperti bangunan, mesin, dan perlengkapan, dan amortisasi melibatkan asset tidak berbentuk seperti paten, hak cipta, niat baik, dan perangkat lunak. D&A mengurangi laba bersih dalam laporan laba rugi.

Namun, kami menambahkannya kembali ke laporan arus kas untuk menyesuaikan laba bersih karena ini ialah biaya non tunai. Dalam kata lain, tidak ada transaksi tunai.

Dikurangkan: Perubahan modal kerja

Modal kerja mewakili perbedaan di antara asset lancar dan kewajiban lancar perusahaan. Tiap perubahan dalam asset lancar (selain kas) dan kewajiban lancar mempengaruhi saldo kas dalam kegiatan operasi.

Misalkan, saat perusahaan membeli semakin banyak stok persediaan, asset lancar bertambah. Perubahan positif dalam stok ini dikurangi dari laba bersih karena dilihat sebagai arus kas keluar.

Ini kasus yang serupa untuk piutang. Jika naik memiliki arti perusahaan menjual barangnya secara credit. Tidak ada transaksi tunai, sehingga piutang dikurangkan dari laba bersih.

Di lain sisi, bila item kewajiban lancar seperti hutang bertambah, ini dianggap arus kas masuk karena perusahaan memiliki semakin banyak kas untuk disimpan dalam bisnisnya. Ini selanjutnya ditambahkan ke laba bersih.

Kas dari operasional

Saat semua penyesuaian sudah dilaksanakan, kami sampai pada kas bersih yang disiapkan oleh kegiatan operasional perusahaan. Ini bukanlah pengganti laba bersih, tetapi ringkasan seberapa banyak uang tunai yang dibuat dari bisnis inti perusahaan.

2. Aktivitas atau Kegiatan dari Investasi

Mengenal apa itu laporan arus kas yang ke-2 ini dikatakan sebagai Arus Kas dari Kegiatan Investasi dan laporan peralihan berbelanja modal atau capital expediture (CapEx) dan investasi jangka panjang.

CapEx merujuk pada pembelian asset property, pabrik, atau perlengkapan. Investasi periode panjang bisa meliputi instrument hutang dan ekuitas perusahaan lain. Poin penting yang lain yang ditemukan di sini yaitu akuisisi bisnis lain. Kunci yang harus diingat ialah jika peralihan asset jangka panjang di neraca dilaporkan dalam laporan arus kas kegiatan investasi.

Baca juga :  Transaksi Keuangan Perusahaan Adalah? Ini Definisinya!

Investasi dalam Property dan Perlengkapan

Investasi Berbelanja Modal ini bisa memiliki arti pembelian perlengkapan kantor baru seperti computer dan printer untuk semakin bertambah banyak karyawan, atau pembelian tanah dan bangunan baru untuk operasi bisnis dan logistik perusahaan.

Beberapa barang ini dibutuhkan untuk jaga perusahaan masih tetap jalan. Investasi ini ialah arus kas keluar, dan maka dari itu akan berpengaruh negatif saat kami hitung kenaikan kas bersih dari semua kegiatan.

Kas dari investasi

Ini ialah jumlah keseluruhan kas yang disiapkan oleh (dipakai untuk) kegiatan investasi. Dalam contoh kami, kami mempunyai arus keluar bersih untuk tiap tahun.

3. Aktivitas atau Kegiatan dari Pendanaan

Mengenali apa itu laporan arus kas yang paling akhir ini disebutkan Arus Kas dari Kegiatan Pendanaan dan memberikan laporan tiap penerbitan atau pembelian kembali saham dan obligasi perusahaan, dan pembayaran dividen yang dilakukan. Peralihan kewajiban jangka panjang dan ekuitas pemegang saham di neraca disampaikan dalam kegiatan pendanaan.

Penerbitan (pembayaran kembali) hutang

Perusahaan mengeluarkan utang sebagai langkah untuk membiayai operasinya. Semakin banyak uang tunai yang dimilikinya, makin baik, karena dapat mengalami perkembangan cepat.

Tidak seperti ekuitas, mengeluarkan hutang tidak memberi hak kepemilikan apa saja di perusahaan, hingga tidak mengurangi kepemilikan pemegang saham yang ada. Penerbitan utang ialah arus kas masuk, karena perusahaan mendapati investor yang siap bertindak selaku pemberi utang. Tetapi, saat investor ini dibayarkan kembali, karena itu pembayaran utang itu ialah arus kas keluar.

Penerbitan (pembayaran kembali) ekuitas

Ini ialah langkah lain untuk memodali operasi perusahaan. Tidak seperti utang, pemegang ekuitas mempunyai beberapa kepemilikan dalam bisnis dengan imbalan uang yang diberikan kepada perusahaan untuk digunakan.

Pendapatan masa depan harus dibagi dengan pemegang ekuitas atau investor ini. Penerbitan ekuitas ialah sumber tambahan uang tunai, jadi ini ialah arus kas masuk. Kebalikannya, pembayaran ekuitas ialah arus kas keluar. Ini ialah pembelian kembali, lewat pembayaran tunai, ekuitas dari investornya dan dengan demikian meningkatkan kepemilikan perusahaan tersebut.

Kas dari pendanaan

Ini disebutkan kas bersih yang disiapkan oleh (digunakan dalam) kegiatan pendanaan. Uang tunai dari pendanaan dihitung dengan menjumlahkan semua arus masuk dan arus kas keluar yang berkaitan dengan peralihan kewajiban jangka panjang dan account ekuitas pemegang saham.

Baca juga :  Aplikasi Mobile LinkQu - Transfer uang antar bank gratis

Langkah Menyusun Laporan Arus Kas

Setelah mengenali apa itu laporan arus kas kita tertuju pada langkah bagaimana menyusun laporan arus kas, Catatan keuangan ini dapat dibuat dengan berpatokan pada dua sumber data, yakni; neraca periode berjalan dan sebelumnya, dan laporan laba/rugi pada periode ini. Untuk penyajiannya juga dapat dibikin dengan 2 langkah, yaitu direct metode (langsung) dan indirect metode (tidak langsung).

Ketidaksamaan ke-2 nya cuma berada pada penyuguhan data yang dari kegiatan operasi. Pada penyuguhan langsung, aktivitas operasional digolongkan ke beragam kategori, termasuk diperinci ke dua jenis arus kas; arus masuk atau keluar.

Dan pada penyajian tidak langsung, arus kas pada kegiatan operasi ditetapkan dengan mengoreksi laba bersih yang sudah berada di laporan laba rugi . Maka, indirect method lebih memfokuskan diri pada data yang telah berada di neraca dan laporan laba rugi.

Secara general, ada lima cara untuk menyusun laporan ini, yaitu;

  1. Menghitung peningkatan atau pengurangan kas
  2. Menghitung kas bersih pada kegiatan operasi, baik secara langsung atau tidak langsung.
  3. Menghitung kas bersih pada kegiatan investasi
  4. Menghitung kas bersih pada kegiatan permodalan
  5. Hitung jumlah kas bersih dari ke-3 kegiatan itu dan saldo awal kas.

Mengenali apa itu laporan arus kas bukan hanya akan bermanfaat untuk mempermudah penelusuran kas pada periode tersebut, tetapi bisa menjadi dasar prediksi dari ketidakpastian kesehatan keuangan usaha kalian di periode mendatang. Karena itu, laporan ini akan berguna untuk beberapa kreditor, investor, pihak management, atau pihak berkaitan yang lain. Menjalankan bisnis sebagai salah satu adaptasi pada keadaan, karena mau tidak mau, sukai atau tidak sukai, perubahan itu mutlak ada dan bisa terjadi. Termasuk dengan berkembangnya ide bisnis ini yang mengandalkan teknologi sebagai pendukungnya.

Untuk itulah, LinkQu hadir untuk membantu beragam institusi, khususnya pada aspek tata kelola keuangan digital terkait penyedia layanan transfer uang. layanan LinkQu mempermudah semua jenis transaksi bisnis digital. Faktanya, beragam perusahaan telah menggunakan LinkQu untuk menghadirkan sistem pembayaran digital dan memberikan pengalaman yang hebat untuk penggunanya. LinkQu sebagai penyedia layanan transfer dana yang mempermudah pelanggan bisa bertransaksi secara maksimal. Download dan Daftar saja gratis di sini.

Jika Anda kesulitan untuk mengelola dan membuat laporan arus kas atau laporan keuangan yang lain seperti laporan laba rugi , neraca, dan lain lain secara terperinci, Kalian dapat menggunakan software akuntansi untuk kemudahan proses pembukuan yang lebih baik dengan catatan kalian pahami dulu apa itu laporan arus kas.

Kami Siap Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Terkait