Sejumlah 87,43 % pelaku UMKM di Indonesia telah memanfaatkan internet. Hal itu diungkap dalam survei pemakaian internet oleh UMKM yang sudah dilakukan oleh Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII).
Dalam laporan itu, cuma sejumlah 12,57 % UMKM yang tidak memakai internet. Mereka (73%), berdalih bahwa penjualan produk dan jasa sudah cukup baik.
“Jadi merasa tidak perlu lagi pakai internet,” tutur Sekretaris Jendral APJII Zulfadly Syam, saat Rilis Internet Profile 2022 di The Westin, Jakarta, Kamis (9/6/2022).
Dari yang telah menggunakan internet, mereka yang pilih memulai usaha secara online, terbanyak hadir dari usaha mikro (63%), usaha kecil (65%), dan usaha menengah (72%).
Berdasarkan laporan APJII, UMKM yang mempunyai akun penjualan pada market place cukup banyak yaitu 73,42 %.
Adapun marketplace yang terbanyak dipakai untuk menjual produk ialah Shopee (39%), Tokopedia (24%), Lazada (14%), OLX (5%), dan Bukalapak (4%).
LinkQu memudahkan Pelaku UMKM
Dalam melakukan transaksi keuangan UMKM baik dalam menerima pembayaran maupun mengirim uang, LinkQu hadir untuk memudahkan segala transaksi yang mudah dan cepat. Sehingga bisnis makin efisien dan pemasukan makin meningkat.
Yuk tingkatkan performa bisnis Anda dengan memakai berbagai fitur pengelolaan keuangan UMKM yang lebih canggih dan mudah.