Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

QRIS Dapat Menerima Pembayaran Dari Mana Saja

Halo sobat LinkQu!

Qris Dapat Menerima Pembayaran Dari Mana Saja –  Kalian sudah mengetahui belum pembayaran lewat Qris itu apa? Kepanjangan QRIS ialah Quick Response Code Indonesian Standard. QRIS sebagai standard kode QR Nasional, yang dikeluarkan oleh Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) untuk memberikan fasilitas pembayaran dengan memakai code QR di Indonesia.

Beragam kemudahan yang ditawarkan bila memakai channel pembayaran QRIS:

1. Universal

Qris Dapat Menerima Pembayaran Dari Mana Saja dan bisa terima aplikasi pembayaran apa saja yang memiliki feature pembayaran dengan scan QR Code. Mulai dari aplikasi dompet digital, s/d Mobile Banking Bank juga telah mempunyai fitur scan QR Code . Sehingga, tak perlu ribet lagi sesuaikan aplikasi saat membayar

2. Mudah

Bayar dengan QRIS cepat dan mudah, tinggal scan dan klik bayar. Untuk merchant lebih gampang, cukup hanya 1 QR code dapat menerima pembayaran dari beragam aplikasi pembayaran yang dipunyai konsumen

3. Untung

Gunakan QRIS jelas akan lebih memberikan keuntungan. Karena 1 QR code dapat terima pembayaran dari beragam aplikasi pembayaran yang dipunyai konsumen . Maka merchant hanya cukup mempunyai 1 account untuk terima semua pembayaran

4. Real Time

Pembayaran dengan QRIS langsung diproses dan konsumen atau merchant langsung mendapatkan pemberitahuan saat transaksi bisnis sukses secara Real Time!

Tujuan khusus dari QRIS supaya pembayaran digital jadi lebih gampang untuk warga dan mempermudah regulator untuk memantau dari 1 pintu saja. Dalam kata lain, QRIS bisa dipakai lintasi platform dan aplikasi pembayaran.

Saat sebelum QRIS ada, Anda kemungkinan terlebih dahulu mengenali istilah QR (Quick Response) Code. Ini sebagai tipe kode cepat tanggap dua dimensi yang berisi semakin banyak info dibandingkan dengan kode batang atau barcode.
Untuk memberikan dukungan inklusi ekonomi dan keuangan digital di Indonesia, QR Kode dipakai sebagai langkah pembayaran nontunai.
QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) dikeluarkan Bank Indonesia dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia semenjak 2019 kemarin. Sering nih saat berbisnis dengan dompet digital, kita pasti membayar dengan scan pada QR Code, karena telah terbukti sanggup mempercepat dan memudahkan proses transaksi bisnis. Ada QR Code mendukung transaksi bisnis cashless dan cardless (tanpa kartu) yang sekarang sedang digaungkan di mana saja.

Baca juga :  6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

Secara simpel, QRIS bisa dimengerti sebagai standard QR Code nasional untuk memberikan fasilitas pembayaran digital di Indonesia. Kode QR yang tercantum dalam QRIS telah terpadu dengan beragam sistem pembayaran.
Jika Anda masih ingat, awalnya pemilik usaha perlu menyediakan banyak QR Code untuk tiap pembayaran nontunai. Misalkan, QR Code untuk GoPay yang berbeda dari QR Code untuk pembayaran dengan e-Wallet lain, semenjak ada QRIS, pemilik usaha atau konsumen setia menjadi lebih dipermudahkan. Penyusunan meja kasir juga lebih rapi karena tidak ada beberapa gambar QR Code berjajar di atas meja.

Qris Dapat Menerima Pembayaran Dari Mana Saja

QRIS Dapat Menerima Pembayaran dari Mana Saja Loh!

QRIS menjadi alat pembayaran nontunai yang saat ini lebih banyak dilirik oleh pemilik usaha. Argumennya, QRIS bisa terima pembayaran dari mana saja cukup dengan satu QR Code. Dimulai dari beragam rekening bank sampai bermacam e-Wallet seperti GoPay.

QRIS dapat menerima pembayaran dari mana saja, tidak terbatas pada penyedia dompet digital. Tetapi sebagian besar Mobile banking telah diperlengkapi QR Scanner.

Maka konsumen setia juga lebih fleksibel dalam berbisnis di usaha Anda. Sementara itu, pihak pemilik usaha tak perlu sediakan banyak gambar QR Code, untuk memberikan fasilitas sistem pembayaran nontunai yang dipakai konsumen setia.

Disamping QRIS Bisa Terima Pembayaran Dari Mana Saja, ini Manfaat Yang lain

Karena Qris Dapat Menerima Pembayaran Dari Mana Saja, pemilik usaha dan konsumen setia juga sama diuntungkan. Tidak cuma memberi efisien dan efektifitas usaha, berikut manfaat lain dari pemakaian QRIS:

1. Manfaat QRIS untuk pemilik usaha

Untuk pemilik usaha, manfaat memakai QRIS ialah dapat meningkatkan integritas. Sistem pembayaran nontunai modern jadi nilai plus untuk usaha Anda di mata konsumen setia. Manfaat memakai QRIS untuk pemilik usaha yang lain meliputi beberapa hal berikut:

a. Bisa awasi riwayat transaksi bisnis

Semua transaksi bisnis pembayaran nontunai memakai QRIS terdaftar automatis dalam sistem. Artinya, Anda dapat semakin gampang mengawasi riwayat transaksi bisnis sehari-harinya. Dengan demikian, info transaksi bisnis juga terdaftar dengan rapi dan benar. Di lain sisi, biaya pengelolaan kas lebih dapat dijangkau. Anda bahkan juga dapat membuat laporan penjualan berdasar riwayat transaksi bisnis yang ada.

Baca juga :  Cepat & Mudah! Cara TF ShopeePay ke DANA untuk Usahamu
b. Proses pembayaran lebih ringkas

QRIS dapat menerima pembayaran dari mana saja hingga proses transaksi bisnis berjalan lebih ringkas. Anda perlu mempunyai satu QR Kode untuk memberikan fasilitas semua sistem pembayaran digital dari konsumen setia. Sudah pasti, dengan QRIS, meja kasir Anda akan terlihat lebih rapi, dan tidak perlu menempatkan banyak QR Code di atas meja. Cukup satu QRIS saja!

c. Menghindari adanya penipuan

Memakai QRIS sebagai alat pembayaran digital membantu usaha terhindar dari resiko penipuan. Pertama, transaksi bisnis nontunai ini mencegah kemungkinan menerima pembayaran dengan uang palsu atau pada kondisi hancur. Ke-2 , penipuan berbentuk manipulasi pegawai juga bisa diperhitungkan. Masalahnya semua data transaksi bisnis terdaftar automatis oleh sistem dalam QRIS.

 

2. Manfaat QRIS untuk konsumen setia

Manfaat transaksi bisnis memakai QRIS bisa juga dirasakan oleh beberapa konsumen setia, khususnya untuk beberapa orang yang punyai agenda kegiatan padat dan mobilitas tinggi. Minimal, ada dua manfaat QRIS yang bisa dirasakan oleh konsumen setia, yakni:

a. Transaksi bisnis bisa lebih cepat

Langkah pembayaran nontunai QRIS sangat gampang. Konsumen setia perlu melakukan scan QR Code yang ada di outlet usaha. Selanjutnya, konsumen setia dapat menuntaskan pembayaran dengan saldo dompet digital atau mobile banking. Transaksi bisnis bisa lebih cepat, karena tak perlu berbaris atau menunggu uang kembalian dari kasir.

b. Alternatif pembayaran lebih banyak

Qris Dapat Menerima Pembayaran Dari Mana Saja. Ini karena QRIS telah terintegrasi dengan perusahaan layanan pembayaran digital di Indonesia. Konsumen setia dapat pilih sendiri mana platform dompet digital yang hendak dipakai. Proses transaksi bisnis menjadi lebih fleksibel, bukan ?

 

Jenis Pembayaran Melalui QRIS

Sekarang ini, Qris Dapat Menerima Pembayaran Dari Mana Saja. Dimulai dari toko kelontong, warung makan, kedai, apotek, toko roti, sampai cafe. Bahkan juga ada beberapa service pengajaran dan bantuan yang sediakan sarana pembayaran digital dengan QRIS. Bank Indonesia membedakan jenis pembayaran melalui QRIS dalam tiga bentuk berikut ini:

Baca juga :  Efisiensi Bisnis: Cara Transfer BRI ke Mandiri Mudah!
1. MPM Statis

MPM (Merchant Presented Mode) Statis cuma memerlukan satu print out QRIS untuk dipajang oleh pemilik usaha. Jenis QRS MPM Statis ini pas dipilih oleh pelaku UMKM. Anda tak perlu menyiapkan banyak tempat untuk menempatkan QRIS.

Langkah membayar QRIS MPM Statis sangat praktis. Konsumen setia cukup lakukan scan QR Code, lalu masukkan nominal pembayaran, PIN autentikasi, dan click untuk menuntaskan transaksi bisnis. Kemudian, pemberitahuan transaksi bisnis sukses langsung akan diterima oleh konsumen setia atau pemilik usaha.

2. MPM Dinamis

Selanjutnya, ada juga jenis pembayaran melalui QRIS MPM Dinamis. Berbeda dari jenis QRIS awalnya, MPM Dinamis memerlukan input nominal pembayaran dengan manual dari pemilik usaha. Tenang saja, QRIS dapat menerima pembayaran dari mana saja.

Pada jenis MPM Dinamis, QR Kode diumumkan ke konsumen setia lewat mesin EDC Android atau handphone yang dipakai pemilik usaha. Tipe pembayaran QRIS MPM Dinamis disarankan untuk usaha rasio menengah dan besar yang mempunyai volume transaksi bisnis tinggi.

3. CPM

CPM (Customer Presented Mode) sekarang ini menjadi jenis pembayaran melalui QRIS yang masih juga dalam tahapan uji coba. Kabarnya, saat sah di-launching kelak, QRIS CPM akan tawarkan proses pembayaran yang lebih ringkas. Konsumen setia perlu memperlihatkan QR Kode QRIS yang didapat dari aplikasi pembayaran yang dimiliki.

Selanjutnya, sebagai pihak pemilik usaha, Anda yang hendak melakukan scan QRIS itu. QRIS CPM cocok diterapkan untuk sektor bisnis retail kekinian, penyedia layanan transportasi, atau parkir kendaraan.

Anda dapat pilih tipe pembayaran melalui QRIS sesuai besarnya skala usaha yang Anda jalankan. Pikirkan juga keringanan pegawai dalam layani konsumen setia dengan jenis QRIS yang Anda tentukan. Dengan demikian, pemakaian QRIS dalam usaha Anda dapat semakin maksimal. Produktivitas dan pendapatan juga turut alami kenaikan.

 

Biaya Penggunaan QRIS untuk Usaha

Terhitung semenjak 1 Januari 2020, Bank Indonesia mewajibkan semua penyedia layanan pembayaran digital menggunakan sistem QRIS. Awalnya, biaya transaksi bisnis pemakaian QRIS atau merchant mendapatkan discount rate QRIS ialah sebesar 0,75 %.

Tetapi, karena ada penurunan transaksi bisnis merchant sepanjang wabah Covid-19, Bank Indonesia memutuskan peraturan baru. Semua ongkos transaksi bisnis QRIS juga digratiskan dan juga Qris Dapat Menerima Pembayaran Dari Mana Saja. Sekarang ini LinkQu menggunakan pembayaran lewat kartu kredit, sehingga Anda bisa secara mudah melakukan pembayaran atau transfer uang ke rekan kerja atau siapa saja lewat kartu kredit apa saja dan tentu saja bebas biaya admin atau gratis, Silahkan daftar sekarang gratis atau Klik di sini.

Langkah ini cukup menarik makin banyak pemilik usaha untuk bergabung dan menyediakan sarana pembayaran digital melalui QRIS di merchant miliknya karena Qris Dapat Menerima Pembayaran Dari Mana Saja. Berdasarkan data dari Bank Indonesia, tercatat sekitar 15,7 juta pemilik usaha di Indonesia sudah memakai QRIS sampai bulan Februari 2022. Dengan mengikuti trend pembayaran digital QRIS, merchant Anda dapat memberikan fasilitas semua sistem pembayaran yang dilakukan konsumen setia.

Kami Siap Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Terkait