Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

Sejarah Fintech dan asal usulnya

sejarah fintech - financial technology

Sejarah Fintech dan asal usulnya – Viralnya fintech dalam satu dasawarsa terakhir ini seakan industri keuangan digital ialah hal yang baru. Meski sebenarnya, jika mengarah pada beberapa riset, malah industri keuangan berbasiskan digital, telah ada semenjak periode lalu.

Lahirnya tehnologi komputer dan koneksi internet pada era 1960 – 1970, merupakan gerbang awal mula dalam peningkatan dalam bermacam sektor, tidak kecuali sektor keuangan. Kolaborasi di antara tehnologi computer dan koneksi internet dengan finansial diawali 10 tahun kemudian tepatnya pada periode tahun 1980. Pada waktu ini, perbankan dunia mulai mengaplikasikan mekanisme pendataan data keuangan yang bisa dijangkau lewat computer. Disini pertama kali panggilan financial technology (fintech) muncul.

Walaupun begitu, dalam sejarah fintech telah terlacak semenjak beberapa ratus tahun lalu. Menurut Arner, Barberis dan Buckley (2015), dalam tulisan Abdillah (2019) dengan judul … yang termuat di Jurnal “Financial Technology (FinTech)”, angkatan pertama dikenal sebagai “Fintech 1.0” yang diawali kurang lebih tahun 1866-an.

Pada era 1866 mulai dikembangkan kabel trans atlantik yang bermanfaat untuk buka lajur mekanisme transfer dana electronic pertama dengan memakai telegraf dan kode morse. Waktu berjalan, 100 tahun kemudian tepatnya di tahun 1967, dunia keuangan lakukan transformasi dari mekanisme analog ke digital. ini diikuti dengan munculnya mesin anjungan tunai mandiri (ATM) pertama di dunia yang dikeluarkan oleh Bank Barclays.

Selanjutnya di tahun 1980-an, mulai berkembangnya mekanisme perbankan online tetapi belum juga mengundang perhatian masyarakat dan dunia. Masuk masa 1990-an, saat bursa saham diperjualbelikan lewat cara online, pasar dunia keuangan mulai berevolusi.

 

Sejarah Fintech

Di tahun 1998, perbankan dunia mulai memperkenalkan online banking sebagai produk baru ke nasabahnya. Tersedianya sistem online banking, semua wujud transaksi bisnis semakin praktis dan gampang. Sampai di tahun 2005, salah satunya perusahaan di Inggris yang bernama Zopa menjadi perusahaan peer-to-peer lending pertama di dunia.

Baca juga :  LinkQu Tidak Ada Hubungan Dengan Aplikasi Mark AI, Grayscale, Promote Together

Dunia juga makin bersicepat. Dorongan tehnologi komunikasi dan digital, mendorong pergerakannya industri financial technology ke penjuru dunia. Sampai perkembangannya makin massif. Situs statista.com menulis, sejak tahun 2018 sampai Februari 2021, jumlah start up fintech dunia mencapai lebih dari 35.000 perusahaan yang beroperasi di penjuru dunia. Ini menjukkan jika financial technology sudah jadi ekosistem digital keuangan yang tidak bisa terpisahkan dari kehidupan manusia di era tehnologi yang serbadigital

 

⚠️ Hati-hati & Waspada


Kami, PT TRI USAHA BERKAT (LinkQu), adalah perusahaan resmi yang menyediakan layanan transfer uang. Kami telah mendapatkan izin dan diawasi oleh Bank Indonesia, dengan Nomor Lisensi: 21/250/Sb/7. Penting untuk diketahui bahwa kami tidak terkait dengan kegiatan ilegal apapun dan bukan termasuk perusahaan atau bisnis pinjaman online, investasi, game, atau jenis usaha lainnya.

Kami ingin mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan penipuan yang mengaku sebagai PT Tri Usaha Berkat (LinkQu). Kami tidak terlibat dalam kegiatan pinjaman online, investasi, atau game. Jika Anda menerima tawaran atau permintaan yang mencurigakan mengatasnamakan PT Tri Usaha Berkat (LinkQu), kami sarankan untuk segera melapor ke pihak berwenang serta menginformasikannya kepada kami.
Selalu waspada terhadap penipuan pinjaman online, investasi, atau jenis penipuan lainnya yang bisa merugikan Anda.