Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

7 ciri pinjaman online ilegal yang diungkap OJK

7 ciri pinjaman online ilegal Pinjaman Online ilegal masih saja marak di masyarakat, walaupun Pemerintah saat ini masih gencar-gencarnya memberantas Pinjol Ilegal. Dalam hal ini LinkQu juga akan terus mengedukasi kepada masyarakat agar tidak terjebak kepada Pinjol ilegal.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengutarakan pinjaman online (pinjol) ilegal sudah bikin rugi warga. Ramainya penawaran pinjol ilegal dengan bujukan pinjaman mudah dan cepat membuat Anda harus extra berhati-hati.

Supaya tidak terjerat dengan pinjol ilegal, warga harus mengenal beberapa macam modusnya. OJK mengutarakan beberapa modusnya ialah melakukan penawaran lewat SMS atau WhatsApp, memakai nama produk yang serupa dengan financial technology (fintech) lending legal, dan langsung mentransfer uang ke korbannya.

Disamping itu, warga harus juga mengenal beberapa ciri pinjaman online ilegal supaya tidak terlilit. Diambil dari account Instagram resmi OJK, ini tujuh ciri-ciri pinjaman online ilegal yang perlu dicurigai diantaranya:

  1. Pinjaman online ilegal kerap melakukan penawaran melalui SMS spam.
  2. Fee atau biaya untuk mendapatkan pinjaman sangat tinggi bisa mencapai 40 persen dari jumlah pinjaman.
  3. Suku bunga dan denda sangat tinggi, bisa mencapai satu persen sampai empat persen per hari.
  4. Jangka waktu pelunasan sangat singkat tidak sesuai kesepakatan.
  5. Pinjaman online ilegal selalu meminta akses semua data di ponsel seperti kontak, foto, dan video yang akan digunakan untuk meneror peminjam saat gagal bayar.
  6. Pinjaman online ilegal melakukan penagihan tidak beretika berupa teror, intimidasi, dan pelecehan.
  7. Pinjaman online ilegal tidak memiliki layanan pengaduan dan identitas kantor yang jelas.

 

Baca juga :  OJK Fintech P2P Lending Regulasi Baru

⚠️ Hati-hati & Waspada


Kami, PT TRI USAHA BERKAT (LinkQu), adalah perusahaan resmi yang menyediakan layanan transfer uang. Kami telah mendapatkan izin dan diawasi oleh Bank Indonesia, dengan Nomor Lisensi: 21/250/Sb/7. Penting untuk diketahui bahwa kami tidak terkait dengan kegiatan ilegal apapun dan bukan termasuk perusahaan atau bisnis pinjaman online, investasi, game, atau jenis usaha lainnya.

Kami ingin mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan penipuan yang mengaku sebagai PT Tri Usaha Berkat (LinkQu). Kami tidak terlibat dalam kegiatan pinjaman online, investasi, atau game. Jika Anda menerima tawaran atau permintaan yang mencurigakan mengatasnamakan PT Tri Usaha Berkat (LinkQu), kami sarankan untuk segera melapor ke pihak berwenang serta menginformasikannya kepada kami.
Selalu waspada terhadap penipuan pinjaman online, investasi, atau jenis penipuan lainnya yang bisa merugikan Anda.