Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

Pengertian Internet Banking, Manfaat dan Kekurangannya

Pengertian Internet Banking

Pengertian Internet Banking – Sebagian besar aktivitas yang dahulunya dilaksanakan secara off-line, sekarang dapat gampang dilaksanakan lewat cara online dengan memakai computer, netbook, tablet, atau handphone.

 

Dalam soal perbankan juga, sekarang nasabah bisa lakukan aktivitas transaksinya dengan internet banking. Sebenarnya, pengertian internet banking itu? Bagaimanakah cara kerjanya?

 

Yok simak pembahasan tentang pengertian internet banking berikut ini.

 

Pengertian Internet Banking

Internet banking ialah layanan bank yang menggunakan kecerdasan tehnologi di mana beberapa nasabah dapat lakukan transaksi secara mobile berbasiskan internet. Layanan ini sudah pasti benar-benar mempermudah beberapa nasabah bank pada jaman sekarang, mereka tak perlu ke bank atau ATM saat ingin bertransaksi.

 

Internet banking ialah hasil dari fintech pada jaman yang makin canggih ini. Dalam memakainya, Anda perlu mempunyai perangkat computer atau handphone dan pastinya jaringan internet.

 

Sekarang ini, sebagian besar bank di Indonesia sudah mempunyai service e-banking atau internet banking. Umumnya, saat Anda mendaftar rekening ke satu bank, Anda langsung akan ditujukan untuk mendaftarkan internet banking.

 

Pengertian internet banking dan Feature salah satunya ialah informasi umum berkenaan rekening Anda (mencakup giro dan deposito), jumlah saldo, mutasi, transfer dana antar bank maupun rekening, pembelian utilitas seperti pulsa, listrik, telephone, internet dan lain-lain.

 

Cara Kerja Internet Banking

Dalam memahami pengertian Internet banking yaitu aplikasi atau layanan yang menghubungkan perangkat nasabah dengan sistem bank. Untuk memakainya, perangkat Anda harus tersambung dengan internet.

 

Awalnya, pastikan Anda sudah mendaftarkan ke internet banking lewat bank dan memperoleh username dan sandi untuk login. Seterusnya, saat ingin bertransaksi, Anda perlu berkunjung situs internet banking menggunakan perangkat.

 

Sesudah masuk, Anda perlu pilih service yang ingin dipakai, semua service itu sudah ada dalam menu. Misalkan, Anda ingin lakukan transfer dan atau sekadar memeriksa jumlah saldo. Semua dapat dilaksanakan lewat internet banking. Cukup efektif kan?

 

Pengertian Internet banking, Keuntungan dan Kekurangan

Walau sepintas memberi banyak manfaat, tetapi internet banking ialah layanan yang tersambung dengan internet, di mana dapat mengundang beragam ancaman seperti satu diantaranya cyber crime. Adapun kekurangan dan keuntungan internet banking ialah seperti berikut.

 

Keuntungan internet banking

Keuntungan internet banking

Pengertian Internet Banking – Perkembangan tehnologi pada sektor perbankan memberi banyak manfaat untuk beberapa nasabah, terutamanya untuk golongan milenial atau buat mereka tidak mempunyai waktu untuk ke bank atau ATM. Keuntungan internet banking ialah seperti berikut.

Baca juga :  Tips Jitu Tranfer Bank Tanpa Pending, Bisa Pakai LinkQu

 

Sangatlah efisien

Keuntungan pada pengertian internet banking yang pertama yaitu sangatlah efisien dibanding jika Anda harus ke bank, pasti hadirnya internet banking akan efektif. Dengan layanan ini, Anda cuman perlu duduk manis dimanapun maka uang yang bakal Anda kirim langsung sampai.

 

Tidak itu saja, disebutkan lebih efektif karena Anda dapat bayar beragam kepentingan rumah tangga seperti bayar listrik, TV kabel, beli pulsa dan semacamnya lewat internet banking, tak perlu ke minimarket.

 

Gratis sekaligus praktis

Pengertian Internet Banking – Internet banking adalah fitur dari bank yang gratis dipakai oleh siapapun. Dalam pengertian, Anda tak perlu bayar saat daftar atau memakainya. Asal Anda masih tetap tersambung dengan internet.

 

Disamping gratis, oleh karena ada layanan ini, semua transaksi dapat dilaksanakan dengan ringkas cuma lewat computer atau handphone. Langkah pengoperasiannya lumayan gampang, maka Anda tak perlu berasa kebingungan dalam memakainya. Semua fitur sudah ada dalam menu.

 

Dapat dipakai untuk keperluan setiap hari

Pengertian Internet Banking – Sama seperti yang sudah diterangkan sebelumnya, manfaat internet banking dapat Anda pakai untuk bayar kepentingan rumah tangga seperti, listrik, pulsa sampai TV kabel. Dengan demikian, Anda tak perlu ke minimarket, kantor resmi atau toko tertentu. Tagihan Anda dapat tersudahi karena ada internet banking.

 

Hemat ongkos operasional

Pengertian Internet Banking – Bukan hanya nasabah, tersedianya internet banking ikut memberikan keuntungan pihak bank. Kenapa? Karena oleh tersedianya layanan yang dapat dicapai oleh seluruh orang dan semua pelosok, bank tak perlu buka banyak cabang hingga dapat mengirit ongkos operasional.

 

Irit waktu

Karena tak perlu ke bank atau ATM ketika akan lakukan transaksi, pasti Anda dapat semakin irit waktu. Pikirkan saja, bila harus ke bank, Anda memakan waktu sepanjang perjalanan, belum juga bila harus menanti antrean.

 

Melakukan Transfer Uang Non Tunai

Dengan memakai internet banking, kita sebagai nasabah tak perlu repot ke ATM atau bank untuk lakukan transfer uang.

 

Nasabah cukup login ke situs bank yang terkait, masukkan rekening tujuan dan nominal rupiah atau dolar yang hendak ditransfer, lalu dalam beberapa saat bahkan juga detik, secara cepat uang akan beralih ke rekening tujuan.

 

Memeriksa Saldo dan Mutasi Rekening

Bila ingin melihat saldo rekening, nasabah tidak perlu ke ATM terdekat, cukup hanya manfaatkan layanan, maka nasabah dapat memeriksa saldo kapan saja di mana saja dengan netbook, tablet, atau gadget yang lain, plus jaringan internet.

 

Di internet banking juga, nasabah dapat melihat data transaksi keuangan (perubahan rekening) dalam sekian hari, minggu atau bulan akhir

 

Isi Ulangi Pulsa Elektrik

Pengertian Internet Banking - Pulsa elektrik untuk handphone

Pengertian Internet Banking – Pulsa elektrik untuk handphone, modem, atau listrik dapat Anda membeli secara mudah dengan layanan.

Pembelian pulsa elektrik ini juga disokong oleh banyak operator seluler di Indonesia.

Anda tidak perlu repot tiba ke toko atau ke toko pulsa lagi untuk isi ulangi pulsa elektrik. Harga juga lebih murah.

Baca juga :  Efisiensi Bisnis: Cara Transfer Uang Lewat BRImo dengan Mudah

Umumnya minimum pembelian ialah Rp25.000 untuk pulsa elektrik.

 

Pembayaran e-Commerce

 

Bila tertarik ingin beli ticket pesawat, hotel, beberapa barang electronic, buku, aksesori, pakaian, game, dan pembayaran lainnya, Anda dapat membayar dengan memakai internet banking, begitu dalam Pengertian Internet Banking

 

Pembayaran dapat dijalankan ke beberapa pihak e-commerce yang telah bekerja bersama dengan pihak bank. Daftarnya dapat dilihat di account Anda.

 

Bila umumnya Anda beli ticket pesawat di bandara, atau biro travel terdekat, maka tentu saja dengan internet banking ini akan lebih gampang.

 

Info Kartu Credit

Pengertian Internet Banking – Info tagihan kartu credit, data saldo, data transaksi dan info lainnya bisa juga dilihat di internet banking.

Kartu kredit di sini tentu saja kartu credit yang diedarkan oleh pihak bank. Anda dapat bertanya ke layanan konsumen pihak bank Anda untuk memperjelasnya.

 

Melihat Info Kurs

Nilai jual-beli mata uang atau kurs dapat Anda lihat di website sah internet banking pada bank Anda, info kurs yang dihidangkan selalu terbaru, hingga Anda dapat melihat jatuh naiknya mata uang mata uang pada Rupiah misalnya:

  • Dolar Amerika (USD)
  • Dolar Singapura (SGD)
  • Dolar Australia (AUD)
  • Euro (EUR)
  • Yen Jepang (JPY)
  • Dolar Hong Kong (HKD)
  • dan mata uang yang lain

 

Mengetahui Program Bank

Bank selalu memberitahukan ke nasabahnya bila ada program-program baru, seperti investasi, cicilan pinjaman, deposito, dan program yang lain.

Ini dapat Anda kenali lewat website resmi atau situs internet banking bank Anda.

 

Kekurangan internet banking

Kekurangan internet banking dalam pengertian internet banking. Walau banyak memiliki keuntungan baik untuk bank atau nasabahnya. Tetapi, di lain sisi internet banking bisa juga munculkan beberapa permasalahan, salah satunya seperti berikut.

 

Teror cyber crime

Kekurangan utama dari internet banking ini terlebih jika nasabah kurang hati-hati. Nasabah dan Bank perlu hati-hati atas resiko pencurian data nasabah oleh hacker yang dapat menyelusup ke sistem pengaman.

 

Hacker bisa jadi menguras habis uang nasabah dengan beragam langkah. Perampokan data dapat melalui tehnik skimming atau lewat modus penipuan dengan beragam jenis penawaran yang memperdaya nasabah.

 

Sebab itu, nasabah harus patuhi semua proses penggunaan internet banking hingga keamanan dana lebih terjaga, dan dari pihak bank perlu rajin lakukan pemantauan pada transaksi perbankan nasabahnya.

 

Bila akses internet nasabah tergolong murah dan lancar, memang dianjurkan menggunakan internet banking untuk mengirit ongkos.

 

Tetapi, piranti computer atau handphone harus tertanam antivirus dan antimalware agar terbebas dari cracking.

Dan yang juga penting, jauhi pemakaiannya di pelayanan publik seperti warnet atau wifi gratis karena riskan perlakuan penyadapan data nasabah

 

Membutuhkan jaringan stabil

Tidak cukup hanya tersambung dengan internet saja. Tetapi, Anda harus juga pastikan jika jaringan internet stabil saat akan lakukan transaksi. Kadang, internet banking tidak memberi respon saat Anda mempunyai jaringan jaringan yang jelek.

Baca juga :  Mudah, Cara mentransfer uang lewat ATM BRI

 

Panduan Memakai Internet Banking

Internet banking memang memberi banyak kemudahan ke kita lewat internet.

Tetapi di lain sisi, sama seperti yang kita kenali tidak menutup ada peluang tindakan tindakan kejahatan siber yang bikin rugi nasabah dari pelaku yang tidak bertanggungjawab.

Salah satunya kejahatan siber ini ialah kejahatan yang sudah dilakukan oleh hacker.

Jika Anda tidak waspada dalam memakai internet banking ini, maka rekening Anda dapat dijebol oleh beberapa aktor kejahatan internet.

Layanan bank yang ini memang mempermudah masalah kita, tetapi pergunakanlah secara arif dan waspada.

Untuk menghindar beberapa hal yang bikin rugi itu, maka sebaiknya memerhatikan beberapa panduan dalam jaga keamanan transaksi Anda.

Berikut sedikit panduan untuk melindungi keamanan dalam bertransaksi lewat internet banking:

  1. Pastikan Anda berkunjung situs resmi bank Anda saat transaksi perbankan. Tidak boleh terkelabui dengan beberapa situs palsu yang mengatasdirikan bank.
  2. Jangan sampai sesekali memberitahukan username dan PIN atau Sandi internet banking Anda, ubahlah PIN secara periodik.
  3. Hapus rekaman history pada computer sesudah lakukan transaksi perbankan, terlebih bila Anda terhubung lewat computer umum seperti warnet, kantor, wifi, dan sebagainya.
  4. Tidak boleh sesekali pinjamkan atau mengubahtangankan atau memberitahu PIN Token akses pada pihak mana saja. Ini untuk menghindar pemakaian yang tidak bertanggungjawab. PIN Token ini seharusnya dipakai cuma di saat transfer, pembayaran, dan pembelian saja.
  5. Pastikan computer atau handphone yang Anda pakai untuk terhubung internet banking terlepas dari Virus/Worm, Trojan, Spyware, Malware, atau Bot (robot).
  6. Segera melapor pada pihak bank jika Anda merasakan ada yang tidak lumrah pada Account Anda.

Khusus untuk pemakaian PIN atau Sandi, ubahlah secara periodik.

Ini sebenarnya berlaku untuk semuanya account internet, tetapi karena internet banking terkait dengan uang, maka Anda agar lebih extra siaga.

Beberapa bank mengharuskan nasabahnya untuk memakai gabungan huruf dan angka saat membuat sandi hingga betul-betul sulit diterobos hacker dengan tehnik enkripsi data sekalipun.

Ini cukup menolong untuk melindungi account Anda.

 

Cara Jika Lupa Sandi Internet Banking

Pengertian Internet Banking – Gabungan huruf dan angka ini juga mempunyai kekurangan, yakni jika Anda lupa karena sulitnya sandi itu.

 

Hal yang perlu Anda kerjakan saat lupa sandi ialah mengontak pihak bank untuk lakukan reset sandi.

 

Bila memungkinkannya selekasnya datangi kantor bank terdekat atau juga bisa lakukan penggantian melalui call-center.

 

Beberapa bank sudah sediakan service layanan konsumen 24 jam lewat telephone, hingga Anda juga dapat mengadu lewat call-center.

 

Namun harus diingat, petugas bank semestinya tidak pernah bertanya langsung sandi Anda . Maka, saat mereka bertanya sandi, Anda tak perlu menjawab.

 

Kata kunci terkait : pengertian internet banking, pengertian internet banking dan contohnya, pengertian internet banking dan mobile banking, pengertian internet banking menurut para ahli, 

 

Bertransaksi Dengan Internet Banking

Dengan pahami keuntungan layanan di atas, maka Anda bisa memaksimalkan pemakaiannya. Layanan juga makin gampang, aman, dan nyaman saat dipakai.

 

Disamping itu dalam hal Pengertian Internet Banking ada banyak panduan yang penting dilaksanakan supaya keamanan account internet banking Anda selalu terlindungi. Anda sendiri sebagai nasabah perlu untuk jaga kesiagaan

 

Harus dipahami jika tidak seluruhnya fitur keuntungan yang disebut sebelumnya persis sama di antara satu bank dengan bank yang lain, tetapi fitur itu telah dipunyai oleh beberapa bank di Indonesia. Berikut penjelasan secara detail Pengertian Internet Banking dan beberapa manfaat dan kekurangannya

Kami Siap Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Terkait