Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta konon tidak mudah dilakukan. Walau sebenarnya bila diterapkan dengan benar, tabungan dengan nominal yang diharapkan dapat didapat.

 

Untuk yang ingin mengatur keuangan rumah tangga dengan optimal, yakinkan telah mengkomunikasikannya bersama pasangan. Ingat Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan gaji 3 juta ini terkait dengan penghasilan dan pengeluaran bersama.

 

Ada enam cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta yang dapat disesuaikan. Dimulai dari menabung pada awal bulan, melakukan pencatatan, mempersiapkan dana darurat, hemat, mencari pendapatan tambahan, dan ada banyak lagi.

 

Permasalahan yang dijumpai setiap orang berbeda-beda saat mereka tidak dapat mengelola gaji. Ada yang karena biaya hidup yang mahal, banyaknya pengeluaran dan tanggungan, sulitnya mengatur diri, atau masih buruk dalam mengurus uang.

 

Ini sebenarnya bukan jadi alasan untuk tidak dapat mengatur keuangan. Untuk dapat semakin memahaminya, baca penjelasan selengkapnya. Berikut kami bahas cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta dari beragam sumber

 

6 Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta

 

1. Menyisihkan Tabungan di Awalnya Bulan

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta mengatur tabungan

Jauhi kebiasaan menabung di akhir bulan dari sisa gaji sesudah dipotong untuk keperluan setiap hari. Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta ialah mengutamakan tabungan pada awal bulan.

 

Ini dilakukan supaya uang untuk memenuhi keperluan setiap hari dan sekunder tidak memotong tabungan. Bila tabungan tidak diutamakan, maka resiko tabungan mengempis bisa terjadi.

Baca juga :  Efisiensi Bisnis: Cara Transfer BRI ke Mandiri Mudah!

 

Supaya tidak tergoda mengambil tabungan atau dana darurat, taruhlah uang tadi di rekening yang terpisah dari rekening utamamu. Jika dapat, gunakan rekening bank yang tidak mempunyai ATM dan bebas cost administrasi bulanan. Solusi kami untuk mentransfer uang antar bank tersebut, pakai aplikasi LinkQu, agar bisa lebih hemat lagi kerana bebas biaya admin.

2. Coba untuk hitung pengeluaran rutin

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga Dengan Gaji 3 Juta - mengatur pengeluaran

Kerap kali orang meremehkan untuk menghitung berapa pengeluaran rutin bulanan. Karena, dengan menghitung biaya bulanan, maka kamu dapat mengetahui permasalahan keuanganmu. Pengeluaran apa yang buat bocor.

 

Pengeluaran yang perlu kamu lihat dan harus dipenuhi ialah:

  • Tagihan (paket data, wi-fi, listrik, pulsa, air, dsb)
  • Berbelanja keperluan bulanan
  • Tempat tinggal
  • Makan
  • Transportasi
  • Toiletries (keperluan kamar mandi)

Dan, pengeluaran keadaanonal lain salah satunya:

  • Hutang
  • Kirim ke orang-tua
  • Pendidikan anak
  • Amal
  • Senang-senang atau hiburan (selingan, makan di luar, jalan sama teman)

 

Kamu coba kalkulasi dengan detil dari semua pengeluaran kamu supaya bisa menemukan solusi cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta dengan gampang, cari info berapakah nominalnya lalu kalkulasi berapakah banyaknya.

 

3. Persiapkan Dana Darurat

cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta - dana emergency

Dana darurat penting untuk disiapkan supaya tabungan tidak jadi kambing hitam. Dana darurat benar-benar menolong bila mendadak sakit, kecelakaan, musibah, dan saat di-PHK mendadak.

 

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta dengan mempersiapkan dana darurat memang susah, tapi dapat diusahakan.

 

Baiknya, perlu mempersiapkan dana yang sanggup menalangi keperluan hidupmu sepanjang 2-3 bulan di depan . Maka, bila tiap bulan habiskan Rp 2,5 juta untuk hidup setiap hari, berarti harus mengendapkan dana di antara Rp 5-7,5 juta di tabungan.

Baca juga :  Terbaru! Cara Daftar UMKM Online Dengan Mudah Tidak Sampai 5 Menit

 

Dalam masalah ini kamu harus stabil, jika dana darurat itu jangan kamu pakai untuk kepentingan lain, selain untuk beberapa hal yang darurat.

 

4. Pendapatan Tambahan

cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta - pendapatan tambahan

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta selanjutnya, ialah dengan mencari side hustle atau pekerjaan sambilan selain dari pekerjaan utama. Ini penting dilakukan untuk menolong dan penuhi keperluan keuangan yang masih belum sempurna.

 

Cari pendapatan tambahan untuk menambal kekurangan, bukan dengan mengorbankan tabungan. Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta dengan cari pendapatan tambahan perlu didiskusikan dengan partner hidup.

 

Mengkomunikasikan keperluan yang sebenarnya, akan membuat kamu lebih arif mengatur keuangan rumah tangga. Tentu supaya bisa sama-sama hemat, sama-sama memberikan dukungan untuk cari pendapatan lain, dan tidak memacu konflik permasalahan keuangan.

 

5. Berhemat

cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta - berhemat

Mengatur pengeluaran dan pemenuhan kebutuhan yang sudah bebas dari tabungan memang susah. Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta ialah mulai hemat. Lakukan dengan beli keperluan yang harga miring dan tekan gengsi.

 

Minimalkan jajan di luar serta lebih rajin mengolah sendiri di rumah. Berbelanja keperluan di pasar dan jangan beli ke super market karena harga tambah mahal.

 

Lalu tentukan pakai transportasi individu untuk dapat mengatur uang bensin serta lebih memikirkan tidak keluar banyak rumah. Bila perlu, rajin jalan kaki dan naik sepeda supaya permasalahan pencemaran udara dapat sekalian ditekan.

 

Bila memilih untuk melakukan credit, yakinkan angsurannya tidaklah sampai 30 % dari keseluruhan gaji. Peruntukannya dapat dengan cara mengurangi peruntukan pos-pos pengeluaran yang lain.

 

Sementara, dapat coba melakukan investasi ke reksadana atau emas. Saat sebelum putuskan investasi mana yang sesuai, yakinkan telah berkonsultasi dengan orang yang berpengalaman.

Baca juga :  Penyedia Transfer Bank Terbaik dan Terpercaya

 

6. Buat alokasi gaji dan budget

Cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta selanjutnya ialah bikinlah alokasi gaji dan budget. Karena, ini tingkatan penting dalam mengurus keuangan. Triknya ialah dengan melakukan formulasi alokasi 40-30-20-10. Seperti apakah aplikasinya?

 

  • 40%: Pakai alokasi gaji kamu untuk biaya hidup dan pengeluaran bulanan teratur setiap hari. Seperti ongkos makan, berbelanja bulanan, transportasi, tagihan-tagihan, dan lain-lain.
  • 30%: Kamu dapat gunakan alokasi 30% ini untuk bayar angsuran, seperti angsuran KPR, kendaraan, dan hutang yang lain. Bila banyak memiliki hutang, lebih bagus utamakan untuk membayar hutang dahulu. Sebelum lunas, tidak boleh malah lebih hutang kembali, ya!
  • Untuk diingat jika jatah 30% ini maksimal, ya. Janganlah sampai angsuran yang dipunya melewati 30% dari gajimu. Berat, kamu tidak akan kuat.
  • 20%: Kamu dapat menyisihkan 20% dari gaji ini untuk tabungan, simpanan, investasi, dan dana darurat bila belum mempunyai. Juga bisa sebagai ongkos pendidikan anak kelak. Janganlah sampai gajimu habis tidak sisa!
  • 10%: Nach, tersisa 10% ini dapat kamu pakai untuk keperluan konsumtif seperti nongkrong, jajan, ngopi, atau berbelanja online. Juga bisa diteruskan untuk kebaikan, khususnya zakat untuk yang muslim. Bersedekah penting supaya rejeki semakin berkah.

 

Bila kamu tidak mempunyai angsuran, maka alokasi keuanganmu semakin besar. Peruntukan gaji sejumlah 30% tadi dapat dipakai untuk menambahkan jatah 10% ini. Atau dapat untuk menambahkan jatah tabungan dan investasimu. Semua sama sesuai keperluanmu, ya.

 

Plot alokasi pengeluaran ini bisa ditekan kembali, misalkan dapat berusaha untuk mengirit biaya hidup dan tekan biaya hiburan. Uang yang tidak dipakai dapat didistribusikan ke tabungan. Jika konsisten menabung setiap bulan, sepanjang satu tahun sekurang-kurangnya akan mempunyai tabungan sejumlah Rp 10.800.000.

 

Itu tadi cara mengatur keuangan rumah tangga dengan gaji 3 juta yang dapat kamu aplikasikan. Dengan mengaplikasikan beberapa cara di atas, maka ditanggung pengendalian keuanganmu akan semakin baik. Kerjakan langkah setiap langkah, dan masih tetap fokus dengan tujuan finansial kamu.

Kami Siap Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Terkait