Apa Itu Dompet Digital? Ini Fakta Lengkapnya

apa itu dompet digital

Apa Itu Dompet Digital? Bersamaan dengan berkembangnya tehnologi keuangan, beragam inovasi telah dibuat dengan tujuan untuk menyediakan alternative baru bagi warga dalam bertransaksi. Salah satunya inovasi yang bisa dibuktikan sanggup mempermudah kehidupan warga ialah dompet digital.

 

Kedatangan dompet digital sudah sukses membantu warga saat lakukan pembayaran. Dompet digital memungkinkan pemakainya untuk bertransaksi tak perlu ke bank atau ATM. Tentu saja ini akan membuat proses transaksi jadi lebih efektif.

 

Transfer uang gratis ke bank di Indonesia

Bila kamu berminat untuk memakai dompet digital, ada banyak hal yang harus kamu kenali lebih dulu. Apa itu dompet digital yang harus kamu ketahui? Yok, baca penjelasannya di artikel berikut!

 

Apa itu dompet digital?

Pemahaman Dompet Digital

Hal pertama kali yang perlu kamu kenali tentang apa itu dompet digital ialah pemahaman dari dompet digital itu sendiri. Lalu, apa itu dompet digital?

 

Dompet digital ialah aplikasi electronic yang bisa dipakai untuk melakukan beragam jenis pembayaran atau transaksi lewat cara online. Berdasar Peraturan Bank Indonesia, dompet digital atau dompet electronic sebagai layanan electronic untuk menyimpan data instrument pembayaran, diantaranya alat pembayaran dengan memakai kartu dan/atau uang elektronik untuk menyimpan dana dan melakukan pembayaran.

 

Seiring waktu berjalan, dompet digital semakin terkenal di kelompok masyarakat. Aplikasi ini menyediakan langkah yang aman untuk beberapa pemakai internet untuk menyimpan dan memakai info belanja lewat cara online.

 

Pemakaian dompet digital bisa memberi banyak keringanan untuk penggunanya karena aplikasi ini banyak memiliki fungsi. Nach, apa saja fungsi dari dompet digital? Lihat penjelasannya berikut ini!

 

Manfaat dari Dompet Digital

Apa itu dompet digital dan manfaatnya? Dompet digital ini mempunyai beberapa keunggulan dan manfaat yang tidak dipunyai oleh dompet biasa. Dengan memakai dompet digital, kamu dapat lakukan lebih banyak hal selainnya simpan uang saja.

 

Saat seorang memakai dompet digital, orang itu sanggup simpan uang berbentuk saldo yang nanti langsung bisa digunakan untuk lakukan transaksi lewat cara online lewat handphone. Manfaat dompet digital ini benar-benar serupa dengan kartu credit atau kartu debet, yakni pembayaran yang sudah dilakukan secara non-tunai atau cashless.

Baca juga :  Begini Cara Kirim Uang Lewat Alfamart dengan Mudah

 

Makin hari, pemakaian E-Wallet memungkinkan penggunanya untuk lakukan beragam transaksi. Transaksi yang bisa dilakukan salah satunya ialah beli makanan, bayar tagihan, sampai bayar belanjaan online.

 

Selainnya manfaatnya yang bervariasi, banyak keuntungan yang dapat didapat lewat pemakaian dompet digital. Ingin tahu apa saja keuntungannya dan apa itu dompet digital? Yuk saimak penjelasannya berikut tentang apa itu dompet digital dan kelebihannya!

 

4 Kelebihan dari Dompet Digital

Bila dibanding dengan transaksi konservatif yang dilakukan dengan uang tunai, aplikasi dompet digital tawarkan lebih banyak kemudahan yang bisa dirasakan oleh warga. Berikut keuntungan-keuntungan dari pemakaian dompet digital.

 

1. Proses Transaksi yang Gampang dan Ringkas

Dengan memakai dompet digital, kamu tidak perlu bawa uang tunai dengan jumlah banyak saat akan lakukan transaksi. Kamu perlu isi saldo yang cukup pada aplikasi dompet digital di handphone kamu.

 

Aplikasi e-Wallet dapat kamu unduh lebih dulu saat sebelum lakukan transaksi. Sesudah itu, kamu bebas lakukan transaksi kapan pun dan dimanapun lewat aplikasi itu. Gampang dan ringkas sekali, kan?

 

2. Sistem Keamanan yang Maksimal

Jangan cemas! Kamu tidak perlu meragukan dompet digital karena sistem keamanannya ketat sekali dan terjaga. Untuk terhubung satu account dompet digital, ada banyak verifikasi yang perlu dilakukan.

 

Pemakai dompet digital akan disuruh untuk lakukan pemindaian QR Kode atau mengisi One Time Password (OTP) setiap ingin lakukan transaksi. Langkah tersebut dilakukan sebagai verifikasi untuk menghindari penyalahgunaan aplikasi tersebut oleh seseorang.

 

3. Semua Histori Transaksi Tercatat secara Automatis

Bila kamu memakai dompet digital, semua histori transaksi yang sudah kamu lakukan akan tercantum secara otomatis di account dompet digital kamu . Maka, kamu bisa secara mudah melihat dan memonitor transaksi apa saja yang telah kamu lakukan awalnya.

 

4. Banyak Promo dan Diskon Menarik

Kelebihan yang lain yang dapat dinikmati saat memakai dompet digital ialah banyak promosi dan potongan harga. Kenyataannya, tidak sedikit perusahaan dompet digital yang memberi promo-promo menarik.

Baca juga :  Cara Kirim Uang Murah Tanpa Melalui Rekening

 

Promosi dan potongan harga yang dijajakan benar-benar bervariatif, dimulai dari potongan harga pembayaran sampai cashback yang memungkinkan pembayaran tagihan pada harga yang lebih dapat dijangkau. Ini tentunya akan memberikan keuntungan untuk beberapa pemakai dompet digital.

 

Nach, itu beberapa keunggulan pada dompet digital dan juga pengertian tentang apa itu dompet digital. Semuanya yang mempunyai kelebihan juga pasti mempunyai kekurangan, begitu halnya dompet digital. Kurang lebih apa saja kekurangan dari dompet digital? Baca pembahasannya berikut ini, apa itu dompet digital dan kekurangannya!

 

2 Kekurangan dari Dompet Digital

Selain mengenal mengenai apa itu dompet digital dan kelebihannya, kamu harus tahu apa saja kekurangan dari dompet digital untuk dapat kenal lebih jauh mengenai instrument pembayaran ini. Berikut sejumlah kekurangan dari dompet digital.

 

1. Menjadi Lebih Konsumtif

Berlainan dengan uang tunai yang hendak kelihatan saat berkurang, pengurangan uang yang ditaruh di dompet digital dapat terjadi tanpa disadari karena uang diletakkan berbentuk saldo yang tidak kelihatan secara fisik. Bila kamu tidak rajin mengecek jumlah saldo dompet digital kamu, kamu dapat boros loh!

 

2. Ada Biaya Transaksi

Beberapa e-Wallet masih memberi beban cost administrasi untuk tiap transaksinya. Jumlah nominal biaya transaksi yang dikenai berbeda bergantung aplikasi dompet digital yang dipakai.

Demikian keterangan mengenai apa itu dompet digital yang perlu kamu kenali. Mudah-mudahan berguna dan dapat menambahkan wacana mengenai aplikasi pembayaran digital ini ya!

Aplikasi Dompet Digital Indonesia Terbaik

Dari tahun ke tahun, perubahan aplikasi dompet digital di Indonesia memperlihatkan trend positif. Berikut beberapa aplikasi dompet digital paling populer di Indonesia.

 

Go-Pay

Dari namanya saja bisa diterka jika Go-Pay ialah sisi dari Go-Jek. G-Jek sendiri sebagai pion transportasi online di Indonesia yang memasuki dunia financial technology (Financial Technology) dengan mengeluarkan Go-Pay. Aplikasi Go-Pay sendiri terintegrasi dengan Go-Jek.

 

Di awal penyeluncurannya, Go-Pay cuman dapat digunakan untuk bayar ongkos transportasi Go-Jek saja. Sesudah kantongi ijin dari Bank Indonesia sebagai penyelenggara uang electronic, pelayanan Go-Pay makin meluas. Bukan hanya untuk pembayaran transportasi saja, Go-Pay dapat dipakai untuk bayar layanan lain yang ada pada aplikasi Go-Jek.

Baca juga :  Biaya Admin Transfer Bank Murah Saat Ini

 

Dalam pengembangan terbaru, Go-Jek bekerja bersama dengan beberapa merchant hingga pemakai bisa membayar untuk transaksi di luar aplikasi.

 

OVO

Saat sebelum jadi OVO, layanan dompet digital ini namanya Grab-Pay. OVO ialah layanan dompet digital yang bekerja bersama dengan Grab, salah satunya basis transportasi online terkenal di Indonesia. OVO tawarkan keringanan, terutamanya pada pemakai layanan Grab untuk membayar non-tunai.

 

Untuk menangkap semakin banyak pemakai, OVO meluaskan jaringan dan kerja-sama dengan beragam merchant terkenal. OVO adalah layanan dompet digital yang paling banyak dipakai. Sekarang OVO sudah diterima sebagai sistem pembayaran di lebih dari 70 % merchant di beberapa pusat belanja di Indonesia.

 

DANA

Sebagai pendatang baru, DANA sukses menarik perhatian pasar pengguna aplikasi dompet digital di Indonesia. DANA sebagai bentukan Emtek Grup dan Ant Finansial. Sebagai aplikasi pembayaran non-tunai, DANA sediakan banyak pelayanan pada pemakai. Ada feature pembelian pulsa, pembayaran tagihan (listrik, telephone, dan PDAM), angsuran kartu credit, dan ada banyak kembali. DANA sediakan fitur transfer saldo antara pemakai.

Sebagai aplikasi baru, DANA tawarkan banyak promosi seperti diskon sampai cashback sampai 100 %.

 

LinkAja

Tidak dapat disangkal, Go-Pay dan OVO ialah dua produk yang memimpin pasar dompet digital di Indonesia. Tetapi tidak berarti mereka tidak mempunyai kompetitor. Disamping DANA, yang terkini ialah LinkAja. Menariknya, LinkAja ialah program garapan pemerintahan.

 

Sebagai tahapan awalnya, LinkAja bekerja bersama dengan Telkomsel untuk gantikan platform dompet digital mereka awalnya yakni T-Cash. T-Cash sendiri sebagai aplikasi yang paling terkenal, mempunyai 30 juta pemakai dengan 20 juta transaksi sehari-harinya. Nama LinkAja baru dikenalkan mulai 21 Februari 2019

 

Feature yang ditawari oleh LinkAja sebetulnya hampir sama dengan Go-Pay dan OVO. Pemakai bisa lakukan transaksi seperti bayar tagihan listrik, internet, air dan masih ada banyak lagi.

Kami Siap Membantu Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Mau gratis biaya admin?
Transfer pakai aplikasi yuk!