Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

Ketahui, 6 Perbedaan Marketplace dan Ecommerce

Ketahui, 6 Perbedaan Marketplace dan Ecommerce

Ketahui ! 6 Perbedaan Marketplace dan Ecommerce – Dengan perkembangan di bidang digital yang sangat cepat dan pesat, beragam hal dapat dilakukan secara online dan dalam waktu yang lumayan singkat. Hal tersebut dapat kita nikmati dimulai dari transportasi, pemesanan, pembayaran, pengiriman, sampai pembelian barang juga dapat dilakukan secara online.

Apabila dahulunya beberapa para pengusaha hanya menggunakan sosial media untuk berjualan online, sekarang dengan mudahnya, mereka dapat menjual barangnya secara luas, menggunakan Marketplace dan Ecommerce.

Tetapi, Banyak dikalangan masyarakat terutama para pengusaha yang masih belum memahami mengenai Marketplace dan Ecommerce. Meskipun sebenarnya, kedua jenis platform tersebut memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Beberapa orang yang kerap menganggap bahwa Marketplace dan Ecommerce merupakan dua istilah yang serupa, kenyataannya keduanya sebagai dua hal yang berbeda dan tidak dapat disamakan. Orang kemungkinan kerap menggunakan istilah Ecommerce untuk mendeskripsikan Marketplace. Walaupun kedua istilah itu merupakan platform untuk jual beli secara online, tetapi keduanya memiliki perbedaan.

Penasaran dengan Apa yang dimaksud dengan Marketplace dan Ecommerce? Simak Penjelasan berikut di bawah ini :

Pengertian Marketplace dan Ecommerce

Marketplace dan Ecommerce adalah dua jenis platform yang digunakan untuk berdagang maupun belanja secara online. Namun, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan dalam cara kerja dan tujuan yang ingin dicapai.

Marketplace adalah platform yang menyediakan ruang untuk para penjual untuk menjual produknya kepada calon pembeli. Penjual dapat menambahkan produknya ke dalam platform dan mempromosikannya kepada calon pembeli yang berminat. Marketplace difokuskan pada penjualan produk yang ditawarkan oleh berbagai penjual yang berbeda. Penjual dapat menambahkan produknya ke dalam platform dengan harga yang berbeda-beda.

Baca juga :  Mau Kirim Uang Murah? Pake LinkQu Bisnis Aja Yuk!

Sedangkan, Ecommerce adalah platform yang dikelola oleh satu perusahaan atau individu yang menjual produknya sendiri. Ecommerce difokuskan pada penjualan produk yang ditawarkan oleh satu perusahaan atau individu saja. Ecommerce menyediakan produk yang dikelola oleh perusahaan atau individu tersebut.

Secara singkat, Marketplace merupakan platform yang menyediakan ruang bagi para penjual untuk menjual produknya, sementara Ecommerce merupakan platform yang dikelola oleh satu perusahaan atau individu yang menjual produknya sendiri.

Jenis – jenis Marketplace dan Ecommerce

Jenis-jenis marketplace:

  1. B2C (Business-to-Consumer) yaitu marketplace yang menjual produk atau jasa dari perusahaan ke konsumen.
  2. C2C (Consumer-to-Consumer) yaitu marketplace yang menjual produk atau jasa dari konsumen ke konsumen lainnya.
  3. B2B (Business-to-Business) yaitu marketplace yang menjual produk atau jasa dari perusahaan ke perusahaan lain.
  4. C2B (Consumer-to-Business) yaitu marketplace yang menjual produk atau jasa dari konsumen ke perusahaan.
  5. G2C (Government-to-Consumer) yaitu marketplace yang menjual produk atau jasa dari pemerintah ke konsumen.
  6. G2B (Government-to-Business) yaitu marketplace yang menjual produk atau jasa dari pemerintah ke perusahaan.

Jenis-jenis E-commerce:

  1. Business-to-Consumer (B2C) yaitu jenis e-commerce yang menjual produk atau jasa dari perusahaan ke konsumen.
  2. Consumer-to-Consumer (C2C) yaitu jenis e-commerce yang menjual produk atau jasa dari konsumen ke konsumen lainnya.
  3. Business-to-Business (B2B) yaitu jenis e-commerce yang menjual produk atau jasa dari perusahaan ke perusahaan lain.
  4. Consumer-to-Business (C2B) yaitu jenis e-commerce yang menjual produk atau jasa dari konsumen ke perusahaan.
  5. Business-to-Administration (B2A) yaitu jenis e-commerce yang menjual produk atau jasa dari perusahaan ke pemerintah atau administrasi.
  6. Business-to-Government (B2G) yaitu jenis e-commerce yang menjual produk atau jasa dari perusahaan ke pemerintah.
  7. Dropshipping yaitu jenis e-commerce dimana penjual tidak memiliki stok produk yang dijual, tapi akan membeli produk dari supplier/produsen setelah ada pemesanan dari konsumen.

    Kalian bisa mengoptimalkan transaksi bisnis online dengan menggunakan Aplikasi LinkQu. Bukan hanya mudah, menggunakan Aplikasi LinkQu untuk bertransaksi bisnis online lebih menguntungkan karena tanpa biaya admin atau gratis. Download dan Daftar Sekarang Disini.

Ketahui, 6 Perbedaan Marketplace dan Ecommerce

Perbedaan Marketplace dan Ecommerce

Beberapa perbedaan antara Marketplace dan Ecommerce adalah :

  1. Model Bisnis : Ecommerce memiliki beragam model bisnis seperti bisnis toko online, bisnis dropshipping, bisnis affiliate marketing, sedangkan Marketplace hanya memiliki satu model bisnis yaitu jual beli produk atau jasa antara penjual dan pembeli.
  2. Pengelolaan: Ecommerce memungkinkan penjual untuk mengelola toko online mereka sendiri, sedangkan Marketplace lebih mengutamakan pada fasilitas yang diberikan untuk memudahkan transaksi jual beli.
  3. Pemilik: Ecommerce biasanya dikelola oleh perusahaan atau individu, sedangkan Marketplace dikelola oleh perusahaan atau platform yang memfasilitasi jual beli.
  4. Kontrol Produk: Pada Ecommerce, Penjual memiliki kontrol penuh atas produk yang dijual, sedangkan pada Marketplace, Penjual hanya bisa mengelola produk yang dijual sesuai dengan aturan yang ditetapkan oleh platform.
  5. Pembayaran: Pada Ecommerce, Penjual dapat menerima pembayaran dari berbagai metode, sedangkan pada Marketplace, Penjual hanya dapat menerima pembayaran sesuai dengan metode yang ditetapkan oleh platform.
  6. Pemasaran: Pada Ecommerce, Penjual dapat melakukan pemasaran produk secara mandiri, sedangkan pada Marketplace, Penjual bergantung pada platform untuk melakukan pemasaran.
Baca juga :  Layanan Bulk Disbursement Akan Membantu Bisnis Anda!

Pada intinya, Anda bebas menggunakan platform Marketplace dan Ecommerce apapun. Anda sebenarnya bisa juga menggunakan semua secara bersamaan, selama anda dapat mengelolanya. Dari segi bisnis, selama Anda dapat meningkatkan brand awareness dan brand identity, bisnis anda tentu akan terus berjalan dengan baik dan Anda tidak perlu takut kehilangan konsumen.

Demikian penjelasan mengenai marketplace dan ecommerce, dimulai dari pengertian, jenis, sampai perbedaan. Marketplace dan Ecommerce sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam sebuah bisnis, khususnya di zaman sekarang ini. Di mana perkembangan teknologi makin menjadi dan benar-benar cepat terjadi di seluruh dunia.

 

Kami Siap Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Terkait