Menghadapi kendala dalam transaksi finansial, beberapa pribadi acap kali dilanda kecemasan, berupaya mencari jalan keluar dengan harapan menemukan penyelesaian kilat, seringkali tanpa memverifikasi terlebih dulu apakah sumber rujukan pengaduan itu aman atau justru sebaliknya.
Misalnya, seorang pelajar yang dipercayakan orang tuanya untuk melunasi biaya pendidikan lewat rekening personal, saat siswa tersebut bimbang dengan akun virtual yang sah, maka ia segera mengajukan pertanyaan melalui pesan langsung di salah satu media sosial yang mengklaim sebagai bank bersangkutan. Akan tetapi, siswa tersebut terperangkap dengan akun media sosial bank palsu, di mana akun tersebut bukanlah resmi. Akibatnya ia mengirimkan dana ke nomor akun virtual penipu dalam jumlah cukup besar. Uang tidak dapat ditarik kembali karena kontak dan akun media sosial siswa tersebut segera diblokir oleh penipu sehingga tak bisa berinteraksi lagi.
Dari insiden yang dialami siswa tersebut, Sobat Fintech bisa memetik hikmah bahwa saat menghubungi pengaduan, terutama untuk urusan finansial, harus sungguh-sungguh mencari kontak yang sah dan terpercaya.
Berikut karakteristik kontak dan akun media sosial resmi:
Table of Contents
TogglePengaduan Lewat Akun Media Sosial
Beberapa lembaga finansial seperti perbankan, platform layanan fintech lending, dan asuransi, memanfaatkan media sosial sebagai wadah penampung pengaduan atau pusat panggilan bagi nasabah atau konsumennya. Sebagian orang lebih memilih media sosial dengan pertimbangan responsivitasnya.
Agar kamu tak terperangkap dalam akun tidak sah, berikut tanda-tanda akun media sosial resmi yang harus kamu ketahui sebelum berinteraksi:
- Nama akun sejajar dengan nama perusahaannya
- menggunakan logo resmi
- Terdapat identifikasi dalam informasi profilnya, seperti nama perusahaan lengkap, alamat lengkap, nomor telepon, situs web, dan identifikasi pendukung lainnya.
- Media sosial tersebut kontennya terbarui secara rutin.
- Ada interaksi dengan pengikut
- Konten-konten yang dibagikan sesuai dengan produk dan layanannya
- Selalu merespons interaksi secara profesional.
- Jumlah pengikut banyak
Pengaduan Lewat Telepon, Aplikasi Obrolan dan Surel
- Nomor kontak bukan merupakan nomor pribadi
- Terdapat nomor unik yang umumnya lebih pendek
- Ada tanda hijau pada aplikasi kontak seperti WhatsApp
- Pada kontak WhatsApp resmi tidak ada fitur panggilan dan video call
- Tidak meminta data pribadi secara langsung
- Nama surel dengan domain situs web perusahaan
Cara Cepat Memperoleh Informasi Kontak Resmi
Untuk mendapatkan kontak resmi yang lebih aman dan terpercaya, cari kontak pengaduan melalui situs web resminya. Sebab situs web resmi adalah sumber informasi yang paling sah.
Namun untuk situs web pun wajib diverifikasi lebih dulu dengan cara meninjau situs tersebut.
Berikut karakteristik situs web resmi:
- Menggunakan domain profesional dengan memakai nama perusahaan
- Konten diperbarui secara rutin dan relevan dengan produk dan layanan yang ditawarkan
- Terdapat logo dan identitas perusahaan serta alamat kantor lengkap
- Terdapat tim redaksional dan pengelola situs web yang dicantumkan sebagai kontributor resmi
- Semua saluran media sosial dan kontak resmi juga dicantumkan dan terintegrasi langsung.
Jika Sobat Fintech sudah mengetahui mana saja kontak dan akun media sosial resmi dari produk atau jasa keuangan yang sering dihubungi, simpan kontak tersebut atau bisa juga mencatatnya secara konvensional di buku kecil agar saat membutuhkan bisa cepat menemukannya.
Jangan salah menghubungi kontak atau akun media sosial saat menemukan masalah, usahakan tidak panik agar tenang saat mencari kontak yang benar.