Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

BI Luncurkan Uang Kertas Baru 2022, Ini Syarat dan Cara Mendapatkannya

BI Luncurkan Uang Kertas Baru 2022

Bank Indonesia (BI) resmi mengeluarkan uang kertas rupiah baru pada 18 Agustus 2022 di Jakarta. Ada sekitar 7 uang kertas baru 2022 secara resmi berlaku, dikeluarkan, dan disebarkan di Indonesia bersamaan pada HUT RI ke-77.
Uang kertas baru ini disebut dengan Uang Tahun Emisi 2022. Walau demikian, uang tersebut mempertahankan gambar khusus pahlawan nasional di bagian depan. Topik kebudayaan Indonesia, seperti gambar tarian, panorama alam, dan flora di bagian belakang masih tetap melekat seperti uang tahun emisi 2016.

Tercatat ada tujuh pecahan uang kertas baru yang diluncurkan hari ini, yaitu Rp 100.000, Rp 50.000, Rp 20.000, Rp 10.000, Rp 5.000, Rp 2.000, dan Rp 1.000

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI Marlison Halim menjelaskan, untuk warga yang ingin melakukan penukaran uang dapat dilakukan lewat web pintar BI dengan batasan maksimal Rp 1 juta dengan beragam nominal pecahan.

“Apabila masyarakat menukar tiga juta, kita akan memberikan satu juta uang baru, sisanya uang lama,” kata Marlison, Kamis (18/8/2022).

 

Syarat Mendapatkan Uang Kertas Baru 2022

Menurut situs resmi BI, pengeluaran dan penyaluran Uang TE 2022 sebagai salah satu pelaksanaan mandat UU Mata Uang sebagai sisi dari rencana pemenuhan kebutuhan uang masyarakat tahun 2022 dan dengan masih tetap mengaplikasikan tata kelola yang baik sesuai UU. Bila Anda tertarik mendapatkannya, berikut syarat tukar uang kertas baru 2022:

  • Pemesanan uang dapat dilakukan asalkan sesuai jumlah jatah pemesanan yang tersedia.
  • Penukar harus bawa bukti pemesanan layanan penukaran kas keliling berbentuk digital/cetak.
  • Warga yang hendak menukarkan uang Rupiah harus lebih dulu memilah dan mengemas uang rupiah yang ditukar.
  • Bank Indonesia memberi penggantian ke warga yang menukarkan uang rupiah sebesar nilai nominal yang ditukar dalam pecahan dan tahun emisi yang serupa atau tidak sama.
  • Penggantian pada uang rupiah diberi sepanjang ciri uang rupiah dapat dikenal keasliannya.
  • Saat sebelum melakukan penukaran lewat kas keliling di tanggal yang tercantum pada bukti pemesanan, NIK-KTP tidak bisa dipakai untuk melakukan pemesanan baru layanan penukaran kas keliling.
  • NIK-KTP bisa dipakai kembali untuk lakukan pemesanan penukaran lewat kas keliling, sesudah tanggal yang tercantum pada bukti pemesanan.
  • Di saat lakukan penukaran, penukar dalam keadaan sehat dan mengaplikasikan prosedur kesehatan dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.
Baca juga :  Selamat Memperingati Hari Lahir Pancasila 2022

 

Cara Dapat Uang Kertas Baru 2022

Anda dapat mendapatkan uang kertas baru 2022 dengan lakukan penukaran ke Bank Indonesia melalui layanan tukar uang baru secara online. Aplikasi Penukaran dan Tarik Uang Rupiah (PINTAR) menjadi tempat untuk warga untuk melakukan pemesanan lebih dulu saat sebelum mendapat uang kertas baru 2022. Ikuti beberapa langkah berikut bila ingin dapat uang kertas baru 2022:

  1. Persiapkan KTP
  2. Akses situs pintar.bi.go.id untuk lakukan pemesanan
  3. Pilih menu “Penukaran Uang Rupiah melalui Kas Keliling”
  4. Tentukan propinsi lokasi penukaran uang Rupiah yang sesuai
  5. Tentukan lokasi dan tanggal kas keliling yang tersedia
  6. Isi data pemesanan, seperti NIK KTP, nama, nomor telephone, dan e-mail aktif
  7. Isi jumlah lembar/keping uang rupiah yang hendak ditukar, sama sesuai ketentuan jumlah dan jenis pecahan yang sudah ditetapkan BI
  8. Kerjakan pemesanan selanjutnya untuk mendapat bukti pemesanan layanan penukaran uang Rupiah lewat kas keliling.

Situs atau Aplikasi PINTAR Tidak Dapat Diakses?

Sebelum mendapatkan uang kertas baru 2022, Anda perlu lakukan pemesanan penukaran lewat website atau aplikasi PINTAR yang bisa diakses di pintar.bi.go.id. Tetapi, Anda kemungkinan kesusahan mengaksesnya dan kebingungan harus melakukan apa.

Tenang, PINTAR memang sedang dalam pemeliharaan. Menurut BI, situs itu sebetulnya bisa diakses normal oleh warga mulai 18 Agustus 2022 jam 11.00 WIB. Sementara, jadwal penukaran uang dimulai satu hari sesudahnya dengan tetap menjaga prosedur kesehatan pencegahan Covid-19.

 

Kata kunci terkait : uang baru 2022, tempat penukaran uang baru di bandung 2022, penukaran uang baru 2022, tempat penukaran uang baru 2022, info penukaran uang baru 2022, lokasi penukaran uang baru 2022, uang kertas baru 2022, uang kertas baru emisi 2022

⚠️ Hati-hati & Waspada


Kami, PT TRI USAHA BERKAT (LinkQu), adalah perusahaan resmi yang menyediakan layanan transfer uang. Kami telah mendapatkan izin dan diawasi oleh Bank Indonesia, dengan Nomor Lisensi: 21/250/Sb/7. Penting untuk diketahui bahwa kami tidak terkait dengan kegiatan ilegal apapun dan bukan termasuk perusahaan atau bisnis pinjaman online, investasi, game, atau jenis usaha lainnya.

Kami ingin mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan penipuan yang mengaku sebagai PT Tri Usaha Berkat (LinkQu). Kami tidak terlibat dalam kegiatan pinjaman online, investasi, atau game. Jika Anda menerima tawaran atau permintaan yang mencurigakan mengatasnamakan PT Tri Usaha Berkat (LinkQu), kami sarankan untuk segera melapor ke pihak berwenang serta menginformasikannya kepada kami.
Selalu waspada terhadap penipuan pinjaman online, investasi, atau jenis penipuan lainnya yang bisa merugikan Anda.