Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

Pahami Risiko Pinjol dan Paylater: Mengapa Anak Muda Rentan Terjebak

Pahami Risiko Pinjol dan Paylater

Generasi milenial saat ini menghadapi berbagai tantangan keuangan yang tidak sepele. Menurut Gembong Suwito, seorang perencana keuangan, masalah ini kian diperparah karena sebagian besar dari mereka tidak memiliki dana darurat. Situasi ini membuat mereka rentan terjerat dalam pinjaman online (pinjol) dan skema paylater.

Gembong menekankan bahwa banyak milenial yang tidak memiliki tujuan keuangan yang jelas dan tidak memiliki pengaturan keuangan yang baik. Selain itu, mereka juga berada dalam tekanan generasi sandwich, di mana mereka harus menanggung beban keuangan keluarga dan anak-anak mereka.

Media sosial dan pola konsumsi yang tinggi juga memainkan peran penting dalam fenomena ini. Gaya hidup yang didorong oleh keinginan untuk selalu tampil terkini dan tekanan iklan yang masif telah mendorong generasi muda untuk lebih sering menggunakan layanan paylater tanpa mempertimbangkan kemampuan finansial mereka.

Kasus-kasus ekstrem seperti orang dengan gaji minimum yang memiliki hutang di banyak pinjol menunjukkan seberapa dalam masalah ini telah meresap ke dalam kehidupan generasi muda. Gembong menegaskan bahwa fenomena ini mempengaruhi cara generasi muda mengelola keuangan mereka, yang sering kali menjadi tidak teratur dan boros.

Untuk mengatasi masalah ini, Gembong menyarankan pentingnya melakukan pemeriksaan keuangan secara rutin, seperti membandingkan aset dan utang serta menilai apakah aset yang dimiliki bersifat produktif atau konsumtif. Pengelolaan pengeluaran juga harus diatur dengan baik agar tidak melebihi pendapatan.

Pemeriksaan keuangan ini sebaiknya dilakukan setidaknya setahun sekali, atau lebih sering seperti setiap enam bulan, untuk memastikan bahwa keputusan keuangan yang diambil dapat diukur dan dimonitor dengan baik. Ini merupakan langkah penting untuk membangun fondasi keuangan yang kuat bagi generasi milenial.

Baca juga :  AFTECH mengajak kampanye anti fintech palsu

⚠️ Hati-hati & Waspada


Kami, PT TRI USAHA BERKAT (LinkQu), adalah perusahaan resmi yang menyediakan layanan transfer uang. Kami telah mendapatkan izin dan diawasi oleh Bank Indonesia, dengan Nomor Lisensi: 21/250/Sb/7. Penting untuk diketahui bahwa kami tidak terkait dengan kegiatan ilegal apapun dan bukan termasuk perusahaan atau bisnis pinjaman online, investasi, game, atau jenis usaha lainnya.

Kami ingin mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan penipuan yang mengaku sebagai PT Tri Usaha Berkat (LinkQu). Kami tidak terlibat dalam kegiatan pinjaman online, investasi, atau game. Jika Anda menerima tawaran atau permintaan yang mencurigakan mengatasnamakan PT Tri Usaha Berkat (LinkQu), kami sarankan untuk segera melapor ke pihak berwenang serta menginformasikannya kepada kami.
Selalu waspada terhadap penipuan pinjaman online, investasi, atau jenis penipuan lainnya yang bisa merugikan Anda.