Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berperan aktif untuk meningkatkan literasi keuangan digital melalui berbagai inisiatif, salah satunya adalah meluncurkan Digital Financial Literacy (DFL) melalui games Smart Digital Indonesia.
Games Smart Digital Indonesia diluncurkan pada Desember 2022 dan saat ini sudah memiliki 4 modul literasi keuangan digital yaitu: memilih produk keuangan, cyber ninja, fintech lending, dan kanal pengaduan konsumen. Games ini bisa diunduh melalui Apple Store sejak Desember 2022.
OJK menciptakan games literasi keuangan digital ini untuk membangun ekosistem keuangan digital yang kuat, bertanggung jawab, dan memperhatikan perlindungan konsumen. Hal ini didasari oleh hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan tahun 2022 yang menunjukkan bahwa indeks literasi keuangan digital dan indeks inklusi keuangan digital masih rendah, yaitu 41% dan 72% masing-masing.
Karena adanya kurangnya literasi masyarakat dalam menggunakan layanan keuangan digital, OJK menganggap hal ini sebagai perhatian khusus dan memunculkan risiko-risiko baru. Games Smart Digital Indonesia ini sangat diterima baik oleh pimpinan OJK dan anggota Dewan Komisioner yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen, karena program ini diharapkan dapat meningkatkan awareness dan pemahaman konsumen serta membantu mencapai target inklusi keuangan digital yang telah ditentukan pemerintah.
Games ini sudah diunduh lebih dari 10 ribu masyarakat melalui aplikasi Google Play Store dan menerima respons positif dalam hal peningkatan literasi keuangan digital. Games ini menggambarkan kondisi sehari-hari yang dialami pengguna dalam mengadopsi layanan keuangan digital, sehingga membantu masyarakat memahami dan lebih melek terhadap inovasi keuangan digital.