Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

Games Smart Digital Indonesia: Upaya OJK Meningkatkan Edukasi Digital

Games Smart Digital Indonesia

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terus berperan aktif untuk meningkatkan literasi keuangan digital melalui berbagai inisiatif, salah satunya adalah meluncurkan Digital Financial Literacy (DFL) melalui games Smart Digital Indonesia.

Games Smart Digital Indonesia diluncurkan pada Desember 2022 dan saat ini sudah memiliki 4 modul literasi keuangan digital yaitu: memilih produk keuangan, cyber ninja, fintech lending, dan kanal pengaduan konsumen. Games ini bisa diunduh melalui Apple Store sejak Desember 2022.

OJK menciptakan games literasi keuangan digital ini untuk membangun ekosistem keuangan digital yang kuat, bertanggung jawab, dan memperhatikan perlindungan konsumen. Hal ini didasari oleh hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan tahun 2022 yang menunjukkan bahwa indeks literasi keuangan digital dan indeks inklusi keuangan digital masih rendah, yaitu 41% dan 72% masing-masing.

Karena adanya kurangnya literasi masyarakat dalam menggunakan layanan keuangan digital, OJK menganggap hal ini sebagai perhatian khusus dan memunculkan risiko-risiko baru. Games Smart Digital Indonesia ini sangat diterima baik oleh pimpinan OJK dan anggota Dewan Komisioner yang membidangi Edukasi dan Perlindungan Konsumen, karena program ini diharapkan dapat meningkatkan awareness dan pemahaman konsumen serta membantu mencapai target inklusi keuangan digital yang telah ditentukan pemerintah.

Games ini sudah diunduh lebih dari 10 ribu masyarakat melalui aplikasi Google Play Store dan menerima respons positif dalam hal peningkatan literasi keuangan digital. Games ini menggambarkan kondisi sehari-hari yang dialami pengguna dalam mengadopsi layanan keuangan digital, sehingga membantu masyarakat memahami dan lebih melek terhadap inovasi keuangan digital.

Baca juga :  Pengaruh Suku Bunga Bank Jepang terhadap Rupiah: Nihil!

⚠️ Hati-hati & Waspada


Kami, PT TRI USAHA BERKAT (LinkQu), adalah perusahaan resmi yang menyediakan layanan transfer uang. Kami telah mendapatkan izin dan diawasi oleh Bank Indonesia, dengan Nomor Lisensi: 21/250/Sb/7. Penting untuk diketahui bahwa kami tidak terkait dengan kegiatan ilegal apapun dan bukan termasuk perusahaan atau bisnis pinjaman online, investasi, game, atau jenis usaha lainnya.

Kami ingin mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan penipuan yang mengaku sebagai PT Tri Usaha Berkat (LinkQu). Kami tidak terlibat dalam kegiatan pinjaman online, investasi, atau game. Jika Anda menerima tawaran atau permintaan yang mencurigakan mengatasnamakan PT Tri Usaha Berkat (LinkQu), kami sarankan untuk segera melapor ke pihak berwenang serta menginformasikannya kepada kami.
Selalu waspada terhadap penipuan pinjaman online, investasi, atau jenis penipuan lainnya yang bisa merugikan Anda.