Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

4 Langkah Ampuh Hindari Penipuan QRIS!

hati hati penipuan qris

Siapakah yang belum memanfaatkan QRIS? Kode respons cepat atau QR code yang memudahkan transaksi semakin hari semakin populer. QRIS telah menjadi metode pembayaran yang umum digunakan di berbagai tempat. Namun, sayangnya teknologi yang berguna ini juga dapat dimanfaatkan oleh para penjahat. Baru-baru ini muncul kasus kode QR palsu yang menargetkan masjid.

Namun, terdapat berbagai cara untuk mencegah jebakan QRIS.

Kaspersky menjelaskan berbagai hal mengenai QR Code dalam pernyataannya. Berikut adalah 4 fakta tentangnya, yang dikutip pada Sabtu (15/4/2023):

1. Penggunaan QR Code

Kasperksy menjelaskan bahwa QR code dapat dipindai menggunakan smartphone atau aplikasi pemindai. Biasanya, smartphone akan meminta pengguna untuk membuka situs tertentu atau mengunduh aplikasi.

2. Kejahatan siber melalui QR Code

Pelaku kejahatan dapat memanfaatkan celah keamanan QR code. Salah satu modus yang biasa digunakan adalah melalui link palsu yang akan mengarah ke situs phishing.

Link tersebut biasanya dirancang sedemikian rupa sehingga menyerupai laman login jaringan sosial atau perbankan online. Kaspersky menyarankan untuk selalu memeriksa link sebelum mengkliknya.

Selain itu, ada juga perintah berkode QR yang digunakan untuk melakukan tindakan tertentu. Misalnya menambahkan kontak, melakukan panggilan keluar, membuat draft email dan mengumpulkan alamat penerima serta subjek, mengirim teks, membagikan lokasi dengan aplikasi, membuat akun media sosial, menjadwalkan acara kalender, serta menambahkan jaringan Wifi dengan kredensial untuk terhubung secara otomatis.

3. Modus kejahatan melalui QR Code

Kaspersky mengungkapkan beberapa metode yang digunakan pelaku kejahatan.

Salah satu modusnya adalah dengan menempatkan QR code pada situs web, banner, email hingga iklan untuk memancing korban mengunduh aplikasi berbahaya. Untuk menambahkan kredibilitas, biasanya akan ditambahkan logo Google Play dan App Store di samping kode.

Baca juga :  3 Kontak pengaduan yang wajib dihubungi korban pinjol ilegal

Modus lainnya adalah dengan menggantikan QR code asli dengan yang palsu. Kaspersky juga menyebut bahwa kemungkinan praktis tidak terbatas, sebab QR code adalah sesuatu yang umum dan dapat ditemukan di mana saja dengan mudah.

4. Cara Menghindari Jebakan

Kaspersky memberikan beberapa saran untuk mencegah jebakan QR code palsu. Berikut saran tersebut:

  • Hindari memindai kode QR dari sumber yang mencurigakan
  • Periksa link yang ditampilkan saat memindai kode.
  • Berhati-hatilah saat URL telah dipersingkat, karena dengan kode QR, tidak ada alasan kuat untuk mempersingkat tautan apa pun. Alih-alih, sebaiknya gunakan mesin pencari atau toko resmi untuk menemukan apa yang Anda cari
  • Lakukan pengecekan fisik cepat sebelum memindai kode QR pada poster atau tanda untuk memastikan kode tidak ditempelkan di atas gambar asli.

⚠️ Hati-hati & Waspada


Kami, PT TRI USAHA BERKAT (LinkQu), adalah perusahaan resmi yang menyediakan layanan transfer uang. Kami telah mendapatkan izin dan diawasi oleh Bank Indonesia, dengan Nomor Lisensi: 21/250/Sb/7. Penting untuk diketahui bahwa kami tidak terkait dengan kegiatan ilegal apapun dan bukan termasuk perusahaan atau bisnis pinjaman online, investasi, game, atau jenis usaha lainnya.

Kami ingin mengingatkan masyarakat untuk berhati-hati dengan penipuan yang mengaku sebagai PT Tri Usaha Berkat (LinkQu). Kami tidak terlibat dalam kegiatan pinjaman online, investasi, atau game. Jika Anda menerima tawaran atau permintaan yang mencurigakan mengatasnamakan PT Tri Usaha Berkat (LinkQu), kami sarankan untuk segera melapor ke pihak berwenang serta menginformasikannya kepada kami.
Selalu waspada terhadap penipuan pinjaman online, investasi, atau jenis penipuan lainnya yang bisa merugikan Anda.