Logo LinkQU - Penyedia transfer uang terbaik di Indonesia

Mengenal CDM (Cash Deposit Machine) dan Caranya

CDM (Cash Deposit Machine)

Apa yang dimaksud dengan CDM (Cash Deposit Machine) dan bagaimanakah cara setor tunainya? Yuk baca!

Cash Deposit Machine atau disingkat CDM ialah sebuah mesin ATM yang dapat Anda pakai untuk menabung atau lakukan penyetoran uang cash / tunai tak perlu menyetorkannya lewat teller bank.

 

Tidak sama dengan dulu, di mana untuk dapat menyetor uang, Anda harus bawa buku tabungan dan uang kontan dan mengantri untuk dilayani oleh teller bank agar menyetorkan uangnya ke rekening sendiri. Nach, buat mengenali lebih lanjut tentang CDM (Cash Deposit Machine), yuk baca penjelasannya di bawah ini!

Apa itu CDM (Cash Deposit Machine) ?

Cash deposit machine atau CDM (Cash Deposit Machine) ialah sebuah mesin yang memiliki bentuk seperti mesin ATM. Kegunaan dari CDM untuk menyetor tunai, bukan menarik tunai uang.

 

Maksud dibikinnya mesin ini ialah mempermudah beberapa nasabah saat akan menabung, hingga mereka tak perlu tiba ke kantor bank dan menjumpai teller. Umumnya letak mesin CDM ialah disiapkan pada bagian luar kantor bank, persisnya berdekatan dengan ATM.

 

Cara menyetorkan uang di mesin CDM

Bisa disebut cara memakai mesin CDM (Cash Deposit Machine) ialah seperti menjalankan mesin ATM, walau ada banyak bedanya. Untuk lebih jelasnya, cara menyetorkan uang di mesin CDM ialah:

Baca juga :  Tips Efisien Cara Transfer BNI ke Mandiri untuk Bisnis

 

  • Tiba ke mesin setor tunai CDM disekitaran Anda.
  • Masukan kartu debit ATM anda ke mesin.
  • Masukan code PIN kartu ATM Anda.
  • Selanjutnya tentukan menu “setor tunai”.
  • Lalu, wadah tempat memasukkan uang akan terbuka secara automatis.
  • Seterusnya, masukan uang yang hendak Anda setorkan. Harus diingat, jika saat sebelum memasukkan, uang harus pada keadaan rapi, tidak terlipat, dan tidak ada benda yang lain masih melekat supaya mesin gampang mendeteksi uangnya.
  • Jika uang yang Anda setor terbagi dalam bermacam nominal, baiknya dipisah lebih dahulu berdasar nominalnya. Karena, uang yang bisa diterima oleh mesin CDM (Cash Deposit Machine) ialah pecahan Rp20 ribu, Rp50 ribu, atau Rp100 ribu.
  • Bila lembar uang yang Anda serahkan banyak, lakukan secara bergiliran. Karena, 1x proses penyetoran, tempat yang menerima uang itu cuma berisi maksimal 50 lembar saja.
  • Sesudah uang ditempatkan, wadah akan tertutup kembali secara automatis. Tunggu sesaat untuk mesin menghitung uang yang Anda serahkan.
  • Selanjutnya, sesudah mesin selesai menghitung, maka layar monitor CDM (Cash Deposit Machine) akan tampilkan jumlah dan pilihan, apa akan di “transfer ke rekening sendiri” atau “transfer ke nomor rekening lain”
  • Pilih salah satu pilihan itu sesuai tujuan Anda. Mesin akan segera mengolahnya.
  • Bila transaksi sukses, maka Anda akan memperoleh struk yang keluar dengan cara automatis dari mesin sebagai bukti transaksi.

 

Gampang, kan? Selanjutnya, jika Anda ingin pastikan apa uang itu sudah masuk atau memang belum, Anda dapat memeriksanya ulangi lewat ATM, sms banking, internet banking, atau mobile banking.

Satu hal lagi yang harus dipahami, batasan maksimum setoran lewat mesin CDM (Cash Deposit Machine) ialah berbeda-beda untuk tiap bank, tetapi biasanya sampai Rp15 juta.

Baca juga :  Transfer Massal Menggunakan Bulk Disbursement Dari LinkQu

 

Kelebihan CDM

Disamping bisa berfungsi seperti mesin ATM secara umum, CDM (Cash Deposit Machine) mempunyai banyak kelebihan yang dapat memberikan keuntungan Anda, khususnya saat ingin menabung. Berikut beberapa keunggulan pada mesin CDM ialah:

 

Tidak harus mengantre di bank

Sebagian besar nasabah termasuk Anda pasti pernah mengeluh ini, yakni malas mengantre panjang saat ingin setor tunai. Oleh karenanya, ada mesin setor tunai CDM (Cash Deposit Machine) bisa mempermudah nasabah hingga tak perlu mengantre di bank.

 

Dapat dipakai 24 jam

Karena berada di luar kantor bank, maka nasabah dapat memakai mesin ini kapan pun, walaupun kantor bank sudah tutup. Artinya, pemakaian CDM (Cash Deposit Machine) ialah dapat dilakukan 24 jam dan setiap waktu sama sesuai keperluan nasabahnya.

 

Dapat lakukan transfer sesama dan antara bank

Karena perannya benar-benar serupa dengan mesin ATM, keunggulan lain dari CDM (Cash Deposit Machine) ialah dapat transfer uang baik itu ke sama-sama bank atau antara bank.

 

Dapat melakukan pembayaran lewat cara online

Disamping transfer, Anda dapat lakukan pembayaran lewat cara online untuk listrik, air, internet, asuransi, dan lain-lain lewat mesin CDM.

Kekurangan CDM

Sehebat apa saja sebuah mesin, tentu saja mempunyai terjadinya kemungkinan kesalahan atau error saat dipakai. Sama seperti dengan CDM, berikut banyak hal yang mungkin terjadi saat Anda lakukan setoran lewat CDM ialah:

 

Peluang uang tertolak mesin

Uang ditolak mesin bisa jadi terjadi bila uang yang Anda masukan pada keadaan tidak rapi, rusak, lecek, dan ada barang melekat seperti staples. Sebagai jalan keluarnya, tata ulang uang Anda secara baik, selanjutnya coba masukan kembali ke mesin. Jika tertolak, kemungkinan uang itu tidak patut lagi.

Baca juga :  Keuntungan dalam Menggunakan API Transfer Antar Bank

 

Kemungkinan uang ketelan namun transaksi gagal

Walau ini jarang terjadi, tetapi bila menimpa Anda, kuncinya tidak boleh cemas dan masih tetap tenang. Hal pertama kali yang harus Anda kerjakan ialah menulis nomor ID ATM pada layar monitor CDM. Selanjutnya, kontak customer call bank berkaitan.

 

Kemungkinan transaksi sukses tetapi kartu ATM ketelan

Nyaris seperti kasus nomor 1, kekurangan terakhir dari CDM (Cash Deposit Machine) ialah kemungkinan transaksi sudah sukses dilakukan tetapi kartu ATM Anda ketelan. Hal yang dapat Anda kerjakan ialah mengontak customer call bank berkaitan untuk memblok sementara kartu ATM Anda.

Panduan bertransaksi di mesin setor tunai CDM supaya aman

Seterusnya, supaya transaksi setor tunai Anda lebih aman, LinkQu mempunyai beberapa tips yang dapat Anda kerjakan saat lakukan setoran lewat CDM, yakni:

 

  • Jangan beri code PIN ATM ke siapa saja. Karena, PIN ialah rahasia milik individu dan tanggung-jawab dari Anda sendiri.
  • Ganti code PIN ATM secara periodik, misalkan tiga bulan sekali.
  • Tutup dengan tangan Anda saat menulis PIN di mesin CDM (Cash Deposit Machine), hal tersebut bermanfaat supaya seseorang tidak dapat melihat PIN ATM Anda.
  • Terakhir, tidak boleh gampang percaya ke siapa saja yang berada di sekitaran mesin CDM (Cash Deposit Machine). Anda harus siaga pada tindakan penipuan dan modus kejahatan. Bila Anda alami hal itu, selekasnya adukan ke satpam tempat itu (jika ada) atau langsung mengontak customer call bank berkaitan.

 

Itulah pembahasan sekitar mesin setor tunai CDM (Cash Deposit Machine) yang sukses diringkas oleh LinkQu. Dari ulasan di atas, tentunya tak perlu repot lagi tiba ke bank untuk menyetorkan uang. Mudah-mudahan artikel ini berguna dan sampai jumpa!

Kami Siap Membantu Mengembangkan Bisnis Anda

Mulai sekarang dan segera rasakan kemudahan transaksi bersama kami. Atau, hubungi kami apabila Anda ingin mengetahui lebih lanjut mengenai produk yang bisa menjadi solusi bagi bisnis Anda.

Terkait